• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Suplemen Super Sehat

Ampas Buah Merah (Pandanus conoideus) sebagai Suplemen Pakan Unggas untuk Meningkatkan Kualitas Nutrisi Produk Unggas

Deskripsi Singkat


Produk daging dan telur unggas yang berkualitas dan bernilai gizi tinggi dapat diperoleh dengan cara memberikan suplemen (imbuhan) di dalam pakan unggas. Pakan unggas yang diberikan suplemen ampas Buah Merah ( Pandanus conoideus) menghasilkan produk telur yang kaya beta karoneta yang kaya akan antioksidan dan asam lemak tak jenuh.

Ketika ekstrak ampas Buah Merah diterapkan pada ayam pedaging dengan konsentrasi sekitar 0,1-2% dari total pakan ayam, dapat dihasilkan daging yang kaya gizi, tidak berlemak, rendah kolesterol. Dagingnya pun tidak berwarna pucat karena adanya proses penyerapan (difusi) warna pigmen karoten pada serabut otot.

Super Strong Supplement

 

Short Description


"Red Fruit" (Pandanus conoideus) waste can be used as poultry feed supplement for chicken to improve the quality of meat and egg, rich in beta-carotene, antioxidants, and unsaturated fatty acids.

The extract is added to chicken feed formula, with a concentration of around 0,1-2%, resulted into a nutrient-rich yet lean chicken meat, low cholesterol and more appealing in color.


Perspektif

Tidak ada sampah, yang ada hanya ketidaktahuan manusia. Ampas Buah Merah selama ini dibuang karena dianggap tidak bernilai lagi, ternyata masih dapat dimanfaatkan untuk pakan ayam yang pada akhirnya memberikan khasiat bagi kesehatan manusia.

Keunggulan Inovasi:

  • Kandungan beta karotena dalam telur meningkat 3-4 kali
  • Total kolesterol turun 15% dan kandungan asam lemak tidak jenuh ( linoleat, linolenat, dan oleat) meningkat 10-30%, penting untuk kesehatan jantung pada orang dewasa dan perkembangan otak bayi/anak
  • Selaput kuning telur lebih tebal, sehingga tidak mudah koyak/sobek/pecah dan warna kuning telur maksimal dengan skor 12
  • Mudah diaplikasikan, teknologi sederhana

Potensi Aplikasi:

Usaha bidang peternakan dan industri pakan.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. Iman Rahayu Hidayati Soesanto, MS.

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Gd.A.H. Nasoetion Lt.5, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi