• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sumber Air Tawar Mini dari Laut

Kompak Desalinator Men ggunakan Membran Terintegrasi untuk Pen yediaan Air di Kapal Militer/Pesiar

Deskripsi Singkat


Ketersediaan air tawar di atas kapal selalu menjadi masalah terutama untuk ekspedisi jarak jauh atau patroli militer yang berkelanjutan. Mesin ini mengubah air laut menjadi air tawar siap minum menggunakan kombinasi system Ultra Filtrasi (UF) dan Reverse Osmosis (RO).

Gabungan kedua buah sistem mi ditujukan untuk mengurangi kelemahan sistim RO yaitu tersumbatnya membran penyaring oleh kotoran. Dengan menggunakan sistem gabungan ini air laut kotor akan disaring terlebih dahulu di dalam UF kemudian akan masuk ke proses RO.
Proses pembuatan air tawar dan air asin ini pun menjadi lebih efektif dan efisien. Umur membran RO akan menjadi lebih panjang, sehingga pemeliharaan alat akan menjadi lebih mudah dan murah. Sistem ini membutuhkan sumber tenaga listrik.

Mini Spring Water from the Sea

 

Short Description


Fresh water availability is always a problem on a sea ship specially during long expedition. This machine convert sea water into drinkable fresh water using a combination of Ultra Filtration
(UF) and Reverse Osmosis (RO).

Combined system is better and reduces the fouling of RO membrane. The UF system will filter the dirty sea water, prolonging the ROs membrane life and also operate more effectively and efficiently.


Perspektif

Sistem desalinasi mampu merubah air laut menjadi air tawar yang sangat berharga, terutama di laut. Membuat sistem yang lebih baik, lebih awat, lebih efisien dan lebih efektif akan sangat membantu masyarakat daerah pesisir dan kapal-kapal yang membutuhkannya.

Keunggulan Inovasi:

  • Kompak dan mudah ditempatkan di atas kapal laut.
  • Konsumsi energi yang relatif rendah.


Potensi Aplikasi:

Dapat digunakan untuk kapal pesiar, kapal militer dan kapal lain yang membutuhkan pengadaan air tawar. Juga dapat digunakan di daratan dimana air yang tersedia adalah air dengan kadar garam tinggi.


Innovator:

Tim Inovasi

Heru Susanto,I Nyoman Widiasa

Institusi

Universitas Diponegoro

Alamat

Jl. Prof. Sudarto, Tembalang-Semarang

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi