• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sttt!!! Dilarang Nguping!

Perangkat Pengamanan Suara dan Data Dalam Telekomunikasi

Deskripsi Singkat


Privasi adalah bagian penting dalam melakukan komunikasi terutama dalam menggunakan telefon genggam. Dengan adanya teknologi ini, privasi berkomunikasi lebih terjamin.

Saat ini teknologi diaplikasikan dengan instalasi perangkat lunak pada HP pintar ( Smartphone/PDA) berbagai merek di kedua sisi ( end-to-end) tanpa tergantung dari operator telepon. Fitur pengamanan antara lain untuk komunikasi suara ( secure phone) dan pesan singkat ( secure SMS). Sistem distribusi kunci memastikan siapa yang bisa mendengar/membaca suara dan sms yang dikirimkan.

Ke depannya metode pengamanan tidak lagi hanya berdasarkan perangkat lunak, sehingga didapatkan potensi aplikasi yang lebih luas lagi untuk segala jenis HP, baik data suara, VOIP ataupun teks.

Hush!!! No Eavesdropping!

 

Short Description


Privacy is a major concern in communication, especially for mobile phone user.

A software that secure both voice and text in mobile phone communication is developed, and can be installed in many smart or PDA phones. It has to be installed on both sides, independent of cellphone operator.

In the future, a hardware-based module will be developed for any communication devices to secure voice, data or VOIP transmission.


Perspektif

Privasi adalah hal yang penting bagi semua orang, dan memastikan bahwa percakapan yang terjadi didengar hanya oleh mereka yang boleh mendengarnya kini menjadi kebutuhan di era komunikasi ini.

Keunggulan Inovasi:

  • Upaya untuk melahirkan metode pengamanan hasil pengembangan sendiri (dalam negeri)
  • Memanfaatkan sumberdaya dan teknologi yang sudah ada untuk dikembangkan lebih lanjut
  • Kekuatan hasil inovasi terletak pada kemampuan untuk mengimplementasikan algoritma enkripsi dengan independen dan fleksibel

Potensi Aplikasi:

Mereka yang membutuhkan jaminan privasi atas komunikasi yang terjadi menggunakan telepon genggam, atau pada komunikasi di instansi pemerintah dan swasta, dengan dukungan teknis domestik yang memungkinkan kustomisasi algoritma enkripsinya sesuai kebutuhan.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Mohammad Mustafa Sarinanto; Dwidharma Priyasta, M.Sc.; Ing. Afrias Sarotama, M.Sc.; Dr. Dwi Handoko

Institusi

BPPT

Alamat

Pusat TIK, Gd II BPPT lt.21, Jl.MH.Thamrin no.8 Jakarta Pusat 10340

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi