• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sprayer Canggih Kebun Tebu

Rekayasa Mobile Sprayer Machine untuk Pemeliharaan Tanaman Tebu Lahan Kering

Deskripsi Singkat


Dalam perkebunan tebu, mesin pengabut (sprayer) digunakan untuk menyemprotkan cairan pupuk atau herbisida. Sprayer konvensional yang ada sekarang ini, tidak mampu menjangkau daun-daun tebu yang tumbuh semakin tinggi. Untuk itu diperlukan sprayer yang lebih sesuai dan memudahkan pekerjaan di kebun tebu.

Telah dikembangkan sprayer yang dapat bergerak dan berpindah dengan mudah (mobile sprayer machine) di antara barisan tanaman tebu. Sprayer ini dapat mengikuti pertumbuhan vegetatif dan generatif tebu hingga menjelang dipanen. Dengan lengan penyemprot (boom) yang didesain untuk dapat dinaikkan dan diturunkan (adjustable) sehingga penyemprotan dapat dilakukan pada tanaman tebu dengan tinggi bervariatif.

Super Sprayer for Sugarcanes

 

Short Description


Conventional sprayers, used in sugarcane plantations to spray fertilizer or herbicides cannot reach sugarcane leaves that are too high up. An innovation is developed to solve this problem. This mobile sprayer machine can be easily moved around in between rows of sugarcanes. It can be used throughout the vegetative and generative growth phases until the sugarcanes are ready to be harvested.


Perspektif

Mobile sprayer machine ini dapat menjangkau daun-daun tebu yang tinggi, dengan droplet herbisida yang menyebar merata tanpa terpengaruh oleh angin.

Keunggulan Inovasi:

  • Aplikasi droplet pada mobile sprayer ini dapat menjangkau daun-daun tebu yang tinggi, hal ini tidak ditemukan pada sprayer konvensional
  • Menghasilkan tekanan pompa yang seragam, sehingga droplet herbisida yang dihantarkan menyebar merata dan pola sebarannya tidak dipengaruhi oleh angin


Potensi Aplikasi:

  • Didesain agar bergerak dan berpindah dengan mudah pada areal kebun tebu


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Gatot Pramuhadi, M.Si Dr. Ir. M. Yanuar Jarwadi Purwanto, M.Si Ir. Agus Sutejo, M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Institut Pertanian Bogor Direktorat Riset dan Inovasi IPB Gd. Andi Hakim Nasoetion Lt.5 Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi