• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sistem Peringatan Dini Tsunami

Sistem Ina-Buoy

Deskripsi Singkat


Kemampuan memberikan peringatan dini akan datangnya bencana bisa secara signifikan mengurangi jumlah korban, kerugian akibat bencana dan biaya mitigasinya. Dampak dan manfaatnya sangat jelas, baik secara ekonomis, politis, maupun kemanusiaan, bahkan bagi pertahanan dan keamanan nasional.

Sistem Ina-Buoy adalah sistem "near real-time telemetry and command" terpadu yang dirancang untuk aplikasi kelautan, terdiri dari sistem sensor, buoy, dan stasiun pemantau. Sensor berfungsi mendeteksi perubahan fenomena kelautan, datanya dikirim ke buoy, dan diteruskan ke setasiun pemantau, untuk diolah/dievaluasi. Pada aplikasi peringatan dini tsunami, informasi yang relevan dikirimkan ke fihak-fihak yang berwenang, dan ke jaringan pemantau tsunami internasional.

Tsunami Early Warning System (TEWS)

 

Short Description


Capability to give early warning on the coming of tsunami will help to minimize its catasthropic impacts. Ina-Buoy is a near real-time telemetry and command system designed for various maritime applications, specifically for tsunami detection.

It detects the possible threats of tsunami and alerts the authorities in the surrounding areas, as well as the network of international tsunami monitoring system at a near real-time response.


Perspektif

Bila teknologi canggih bisa dikembangkan secara lokal dan diaplikasikan untuk sedini mungkin mendeteksi bencana yang akan terjadi dan memperingatkan kita pada waktunya, bisa mencegah jatuhnya korban lebih lanjut, dan meningkatkan kemandirian, pertahanan dan keamanan bangsa.

Keunggulan Inovasi:

  • Daya ukur sensitif, mengukur perubahan dalam orde milimeter
  • Menyampaikan data perubahan fenomena laut secara near real-time
  • Mampu beroperasi sampai kedalaman laut 6000 meter
  • Peringatan tsunami dapat diterima dalam waktu 3 menit
  • Bisa dimanfaatkan untuk aplikasi yang luas, termasuk keperluan militer/pertahanan, komersial, maupun riset/ penelitian
  • Terintegrasi dengan jaringan pemantauan tsunami internasional


Potensi Aplikasi:

Aplikasi Ina-Buoy selain untuk peringatan dini tsunami, bisa juga dimanfaatkan pada operasi minyak lepas pantai, navigasi kelautan, penelitian kelautan, maupun aplikasi militer dan pertahanan negara lainnya


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin M.S.c; FX Sudharmono

Institusi

Balai Teknologi Survei Kelautan dan Pusat TIK BPPT

Alamat

Gd.2 Lt.21 BPPT. Jl MH Thamrin 8 Jakarta Pusat 10340

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi