• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sinergi Tempe dan Ikan

Inovasi Tempe dengan aditif protein hewani (Tempe Ikan = TeKan)

Deskripsi Singkat


Tempe merupakan pangan fermentasi asli dan khas Indonesia yang sehat dan telah populer di seluruh dunia.  Tempe juga dapat dikembangkan dengan dasar protein hewani.  Inovasi ini adalah tentang pengembangan tempe dengan aditif tepung ikan air tawar; untuk memperbaiki kualitas proteinnya, dan menghasilkan cita rasa tempe yang khas dengan aroma ikan. Pada proses fermentasi tempe kedelai, ditambahkan tepung ikan dengan konsentrasi tertentu, dan setelah inkubasi selama 48 jam  dihasilkanlah "Tempe Ikan".

Tempe and Fish Synergy

 

Short Description


Tempe is a genuine Indonesian fermented food that is healthy and is popular throughout the world. Tempe can also be developed on the basis of animal protein. This innovation is about developing tempe with freshwater fish flour additives; to improve the quality of the protein, and produce a distinctive taste of tempeh with a fish aroma. In the process of fermenting soybean tempe, fish flour is added with a certain concentration, and after incubation for 48 hours "Tempe Ikan" is produced.


Perspektif

Tempe dan ikan masing-masing dikenal sebagai makanan yang sehat dan nikmat. Inovasi menggabungkannya menjadi makanan sinergis, yang lebih sehat dan lebih nikmat. 


Keunggulan Inovasi:

  • Dapat diposisikan sebagai produk tempe premium.
  • Tempe yang dihasilkan beraroma ikan yang lebih gurih.
  • Kualitas protein pada tempe ikan menjadi lebih lengkap.

Potensi Aplikasi:

Inovasi dapat dikembangkan lebih lanjut dengan penambahan berbagai bahan alami lainnya dalam proses fermentasi tempe, baik dalam rangka meningkatkan rasa tempe, memberikan warna yang lebih menarik, atau memperkaya nilai gizinya.  


Innovator:

Tim Inovasi

Dra. Lusiawati Dewi, M. Sc., Santoso Sastrodihardjo

Institusi

Universitas Kristen Satya Wacana

Alamat

Kantor Biro Inovasi Riset, Jl. Diponegoro No. 52-60, Salatiga 50711

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi