• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sinbiotik Sinergis Sukun

Susu Fermentasi Dengan Penambahan Buah Lokal Sukun Sebagai Pangan Fungsional Minuman Sinbiotik

Deskripsi Singkat


Buah sukun terbukti mengandung senyawa prebiotik yang dapat meningkatkan pertumbuhan probiotik (bakteri baik) dalam usus. Modifikasi pangan melalui penambahan pasta sukun ke dalam susu dan B. longum (probiotik), dapat menghasilkan minuman sinbiotik, yaitu minuman yang di dalamnya terdapat prebiotik dan probiotik yang saling bersinergis.

Minuman sinbiotik sukun ini terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan probiotik dan memiliki daya hambat E. coli (bakteri patogen) lebih baik dibanding minuman yang mengandung probiotik saja. Selain itu, produk inovasi ini memanfaatkan prebiotik alami dari sukun yang membutuhkan proses produksi yang lebih efektif, aman, dan praktis dibandingkan dengan proses produksi minuman prebiotik komersial yang sudah ada.

Sukun Synergistic Synbiotics

 

Short Description


This innovative product combines breadfruit paste, which has been proven to contain natural prebiotics, with milk and B. longum (probiotic). This is a healthy drinks with synbiotics, nutritional compounds combining probiotics and prebiotics in a form of synergism. The synbiotic drink is able to increase the growth of probiotics and have better resistance towards E. coli (pathogenic bacteria).


Perspektif

Keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia pantas untuk dikembangkan ke arah yang lebih luas dan bermanfaat bagi masyarakat serta menjadi kebanggaan bangsa.

Keunggulan Inovasi:

  • Pertumbuhan probiotik lebih tinggi (10E8 cfu/ml) dibandingkan dengan produk yang mengandung probiotik saja (10E6 cfu/ml).
  • Memiliki daya hambat E. coli sebanding atau lebih dari produk probiotik komersial (E. coli<1).
  • Proses produksi yang lebih efektif dan praktis dibandingkan produk prebiotik komersial yang ada.

Potensi Aplikasi:

Penelitian tentang minuman sinbiotik sukun masih berlanjut untuk diet orang sehat dan sakit, serta pangan darurat untuk korban bencana yang rentan terhadap penyakit khususnya pada pencernaan.


Innovator:

Tim Inovasi

Ulfa Rachmawati; Arnati Wulan Sari; Cut Farah Aldira; Prof. Ahmad Sulaeman, M.S, Ph.D;Ibnu Malikan Bakhrul Ilmi

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi