• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sidik Jarinya Baru Beri Vaksinnya

PENINGKATAN TINGKAT KESIAPTERAPAN TEKNOLOGI (TKT) SISTEM PENGENALAN BAYI DAN BALITA MENGGUNAKAN SIDIK JARI UNTUK MENINGKATKAN PROSES VAKSINASI DI INDONESIA

Deskripsi Singkat


Banyaknya bayi dan balita yang belum terdaftar secara resmi dan memiliki akta lahir, menimbulkan masalah identifikasi pada program imunisasi, yang penting untuk kesehatan bayi dan balita khususnya yang berusia sampai satu tahun.  Inovasi ini mengembangkan telebiometric system untuk merekam identitas bayi berbasis sidik jari. Karena hasil scanner sidik jari bayi umumnya masih sulit dibaca, citra hasil scanner perlu dikirim ke komputer atau ke smartpone untuk diproses sampai terlihat pola sidik jarinya.  Sistem identifikasi bayi menggunakan sidik jari ini juga berguna untuk melacak identitas anak yang hilang.

 

Fingerprint Controlled Vaccination

 

Short Description


Many babies/toddlers who have not been officially registered and have birth certificates, pose identification problems when going for immunization programs, which are important for the health of infants and toddlers. This innovation developed a telebiometric system for recording the baby's identity based on fingerprint. Since scanned fingerprint image of babies are generally difficult to read, the scanner image results need to be sent to the computer or to the smartphone, for further graphical manipulations until the fingerprint pattern becomes visible. This baby identification system using fingerprints is also useful for tracking the identity of a missing child.

 


Perspektif

Identitas diri perlu diakui sebagai bagian dari hak asasi manusia dimulai sejak mereka dilahirkan. 


Keunggulan Inovasi:

  • Keakuratan data identitas bayi yang diperoleh cukup tinggi.
  • Menunjang program vaksinasi, khususnya dalam memonitor data vaksinasi bayi. 
  • Menyediakan data identitas awal bayi agar dapat direkam secara terintegrasi di database kesehatan nasional.
  • Dapat digunakan sebagai password biometrik rekam jejak medis sejak bayi sampai dewasa.

 

 

 

 


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat membantu program vaksinasi di Indonesia, yaitu untuk mengenali identitas bayi yang mengikuti vaksinasi namun belum memiliki akta lahir. Potensi aplikasi lanjutannya adalah sebagai password biometric rekam jejak medis seorang bayi/anak sampai dewasa, sekaligus dapat digunakan untuk keperluan keamanan dan perlindungan anak.

 


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko Muhamamd Anwar Ma’sum Indra Hermawan, M.Kom

Institusi

Universitas Indonesia

Alamat

Kampus UI Depok

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi