• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Serabut Berongga Segarkan Udara

FRESH ON 2015: Penyaring Udara Molekuler Berbasis Membran Hollow Fiber

Deskripsi Singkat


Inovasi "Fresh-On 2015" adalah penyaring udara molekuler berbasis membran ultrafiltrasi polipropilen hollow fiber berukuran pori rata-rata 0,05 µm. Diameter hollow fiber yang sangat kecil (diameter = 400 µm) memungkinkan diperoleh filter dengan luas permukaan yang besar. Membran ini juga dapat menyisihkan aerosol dengan ukuran terkecil di kisaran 0,1 µm hingga kuman dan virus, sehingga udara yang dihasilkan sangat bersih. Karena sifatnya yang modular, penyaring udara ini dapat dengan mudah dirancang untuk berbagai kapasitas, mulai dari keperluan perorangan hingga ruangan-ruangan besar seperti sekolah, rumah sakit, gedung-gedung perkantoran dan lain-lain.

 

Hollow Fibers Refresh the Air

 

Short Description


The "Fresh-On 2015" innovation is a molecular pore-based ultrafiltration hollow fiber membrane with an average pore size of 0.05 µm. The very small diameter of hollow fiber (diameter = 400 µm) allows a filter with a large surface area to be obtained. This membrane can also capture the smallest aerosols in the range of 0.1 µm to germs and viruses, so that the air produced is very clean. Because of its modular nature, this air filter can easily be custom-designed for a wide range of capacities; ranging from individual home needs to large rooms as schools, hospitals, office buildings and others.


Perspektif

Bentuk fisik penyaring udara hollow fiber tidak seperti bahan kertas saring atau masker, tetapi lebih mirip untaian rambut berlubang dengan diameter 400 µm, dan rambutnya berpori-pori dengan ukuran 0,05 µm. 

 


Keunggulan Inovasi:

  • Ukuran pori yang sangat kecil (0,1 µm sampai 1 nm) sehingga dapat menyisihkan komponen partikulat PM 2,5 dengan efektif.
  • Selain partikulat, membran ultrafiltrasi juga dapat menyisihkan serbuk sari, spora, kuman, dan virus. 
  • Penyaring bisa dibersihkan kembali secara rutin dengan mekanisme backflush

 


Potensi Aplikasi:

Inovasi penyaring udara ini dapat diaplikasikan untuk memperoleh kualitas udara yang bersih dan sehat, untuk berbagai kebutuhan dan dengan berbagai kapasitas. 


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Ir. I Gede Wenten, PhD

Institusi

Institut Teknologi Bandung

Alamat

-

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi