• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Serabut Berongga Segarkan Udara

FRESH ON 2015: Penyaring Udara Molekuler Berbasis Membran Hollow Fiber

Deskripsi Singkat


Indonesia termasuk dalam negara dengan tingkat polusi udara yang tinggi dan diperparah dengan adanya bencana kabut asap tahunan akibat kebakaran hutan. Pada kasus kebakaran hutan, partikulat, uap air, dan asap akan membentuk sistem aerosol dalam bentuk kabut asap. Aerosol yang stabil umumnya mengandung partikulat pada level sub-mikron dengan diameter rata rata 0,1 µm. Partikel sub-mikron dalam udara dapat terakumulasi pada sistem pernafasan dan memicu terjadinya berbagai macam penyakit pernafasan seperti asma, ISPA, bronchitis, hingga jantung. Oleh karena itu, diperlukan teknologi penyaringan udara untuk menanggulangi permasalahan yang timbul akibat pencemaran udara.

Beberapa teknologi telah tersedia untuk menyisihkan partikulat, seperti presipitasi elektronik, siklon, dan penyaringan. Presipitasi elektronik memanfaatkan muatan listrik untuk memaksa partikulat untuk saling terikat satu sama lain sehingga membentuk partikel dengan ukuran yang lebih besar dan dapat terpisahkan akibat gaya gravitasi ataupun momen inersia. Siklon memanfaatkan gaya sentrifugal untuk menangkap partikulat di udara. Metode penyaringan cukup banyak diterapkan dan dikenal sebagai High-efficiency particulate arrestance (HEPA). Untuk memenuhi standar HEPA, suatu filter udara harus mampu menyisihkan 99,97% partikel yang memiliki ukuran 0,3 µm.

Unit Fresh-On 2015 menggunakan membran ultrafiltrasi berbasis polipropilen (PP) dengan ukuran pori rata rata 0,05 µm, sehingga dapat menyaring partikulat di udara secara sempurna. Diameter hollow fiber yang sangat kecil (diameter = 400 µm) memungkinkan diperoleh filter dengan luas permukaan yang besar. Bahkan, membran UF juga dapat dioperasikan secara manual menggunakan pompa tangan untuk keperluan darurat, seperti daerah-daerah terpencil yang terkena bencana asap. Karena sifatnya yang modular, penyaring udara berbasis membran juga dapat didesain dengan mudah untuk berbagai skala, dari keperluan perorangan hingga untuk ruangan-ruangan yang besar seperti sekolah, rumah sakit, gedung-gedung perkantoran dan lain-lain.

Dengan berbagai keunggulannya, diharapakan Fresh-On 2015, yaitu teknologi penyaring udara berbasis membran, dapat menjadi solusi untuk menangani masalah pencemaran udara, baik untuk diterapakan di lingkungan perkotaan maupun untuk penanganan bencana asap.

Hollow Fibers Refresh the Air

 

Short Description


-


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

3.1. Bagi Pengguna / Bisnis / Ekonomi:

Teknologi penyaring udara berbasis membran hollow-fiber memiliki potensi bisnis yang besar, terutama untuk daerah perkotaan dan daerah yang terkena dampak bencana asap. Penyaring udara berbasis membran dapat didesain untuk berbagai skala, dari keperluan rumah tangga, ruangan-ruangan yang besar (seperti: sekolah, rumah sakit, gedung-gedung perkantoran, gedung olah raga, hotel, dan lain-lain), hingga AC mobil.

3.2. Bagi Masyarakat

Penyaring udara berbasis membran dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menghasilkan udara bersih bebas partikulat, kuman, dan virus.

3.3. Bagi Lingkungan

Penyaring udara berbasis membran merupakan teknologi yang ramah lingkungan, yang mampu menyisihkan partikulat yang terkandung dalam udara dan menghasilkan udara bersih bebas partikulat, bakteri, hingga virus. 


Potensi Aplikasi:

Membran ultrafiltrasi merupakan solusi yang potensial dalam proses penyaringan udara khususnya asap. Ukuran pori yang sangat kecil (0,1 µm sampai 1 nm) dapat menyisihkan komponen partikulat PM2,5 dengan efektif. Selain partikulat, membran ultrafiltrasi juga dapat menyisihkan serbuk sari, spora, kuman, dan virus. 

Penyaring udara berbasis membran dapat didesain untuk berbagai skala, dari keperluan rumah tangga, ruangan-ruangan yang besar (seperti: sekolah, rumah sakit, gedung-gedung perkantoran, gedung olah raga, hotel, dan lain-lain), hingga AC mobil.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Ir. I Gede Wenten, PhD

Institusi

Institut Teknologi Bandung

Alamat

-

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi