• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Semen Tulang Produksi Dalam Negeri

Optimasi Proses Partikelisasi Polymethyl Methacrylate sebagai Bahan Semen Tulang

Deskripsi Singkat


Bubuk PMMA ( Polymethyl Methacrylate) digunakan dalam suatu operasi bedah untuk memperbaiki kerusakan tulang khususnya bagi korban kecelakaan. Bubuk PMMA berfungsi seperti layaknya semen dalam bangunan.

Hingga saat ini, sebagian besar PMMA masih diimpor. BPPT berhasil mengembangkan teknologi produksi bubuk PMMA untuk semen rulang dengan melakukan optimasi konsentrasi air terhadap monomer Methyl Methacrylate(MMA) untuk mendapatkan formulasi yang tepat. Metode ini mampu menghasilkan bubuk PMMA dengan ukuran partikel yang diinginkan, dibandingkan metode konvensional yang menghasilkan produk dengan ukuran partikel yang terlampau besar (bongkahan) untuk dimanfaatkan sebagai semen tulang.

Locally Produced Bone Cement

 

Short Description


PMMA powder (Polymethyl Methacrylate) is a bone-cement used in surgical operation to repair bone damage, or for dental filling materials.

BPPT successfully developed the technology to produce PMMA powder with the right particle size by optimizing the concentration of water to monomer Methyl Methacrylate (MMA). This is a prospective business preposition to replace expensive imported PMMA.


Perspektif

Kemampuan memproduksi sendiri bahan dan produk yang selama ini diimpor mempunyai potensi usaha yang besar dan juga melepaskan ketergantungan kita atas impor bahan dan produk tersebut.

Keunggulan Inovasi:

  • Biaya produksi yang lebih murah dibandingkan dengan impor dan kualitas kompetitif.
  • Proses produksi mudah diaplikasikan ke skala pabrik
  • Sistem produksi berkapasitas 1 kg per hari sudah cukup layak karena tingginya nilai jual, rendahnya biaya produksi, serta peluang pasar yang besar dan berkelanjutan.


Potensi Aplikasi:

Industri farmasi, industri elektronik


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Asep Riswoko

Institusi

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Alamat

Jl. MH Thamrin No. 8, Jakarta

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi