• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Selai Tempe Modern

Pasta Tempe dan Proses Pembuatannya

Deskripsi Singkat


Tempe merupakan makanan khas Indonesia dan telah mendunia. Tempe banyak dikonsumsi karena khasiat yang terkandung didalamnya berupa antioksidan, antibakteri, dan zat-zat lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun dalam penyajiannya, tempe umumnya memerlukan proses pemasakan terlebih dahulu sehingga kurang praktis.

Invensi ini berupa pembuatan pasta tempe siap saji aneka rasa yang diolah dari bahan dasar tempe segar yang diformulasikan dengan gula pasir, garam, esens, dan bumbu-bumbu lainnya. Pasta tempe dapat dikonsumsi dengan cara ditambahkan ke dalam makanan sebagai penambah rasa atau pelengkap zat gizi, misalnya untuk olesan roti tawar, pizzaatau biskuit.

Modern Tempeh Jam

 

Short Description


Tempeh is a well-known Indonesian traditional food. It contains antioxidantm antibacterial, and other useful healthy substances. The traditional serving of tempeh is unpractical, since cooking is necessary prior to serving.

Tempeh paste is developed using tempeh, formulated with sugar, salt, essences, and other ingredients. As nutrient complementary, it can be consumed and served such as jam with bread, pizza, or biscuits.


Perspektif

Memodernisasi cara penyajian makanan tradisional bisa dilakukan dan menghasilkan produk baru yang memiliki citra rasa baru, nilai komersial tinggi dan membuka pangsa pasar baru.

Keunggulan Inovasi:

  • Bahan baku murah dan mudah didapatkan
  • Produk yang dihasilkan dapat digunakan sebagai penambah cita rasa dan pelengkap zat gizi dari makanan yang dikonsumsi
  • Merupakan produk makanan alternatif bergizi bagi kalangan vegetarian

Potensi Aplikasi:

Pasta tempe yang praktis dikonsumsi mempunyai potensi nilai komersil tinggi bagi industri makanan, UKM, dan Home Industri.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Mukhamad Angwar; Robert Simamora

Institusi

UPT BPTTK LIPI - Pusat Inovasi LIPI

Alamat

Gedung Kidul Yogyakarta

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi