• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sedia Tambahan Sebelum Diperlukan

Brankar Tandu LSB (Long Spine Board)

Deskripsi Singkat


Pertolongan pertama pada kecelakaan membutuhkan waktu tanggap yang cepat. Kondisi dan jumlah korban sangatlah bervariasi. Ditambah pula penanganan yang tidak bisa dilakukan di tempat sehingga korban harus dievakuasi. Kecepatan dan efektivitas pertolongan sangatlah dipentingkan, apalagi bila jumlah korban banyak.

Brankar Tandu LSB (Long Spine Board) yang didesain secara ergonomis ini dibuat khusus untuk mensiasati kapasitas ambulans yang terbatas. Tandu ekstra ini memungkinkan ambulans mengangkut pasien kedua yang mengalami kecelakaan dengan risiko trauma tulang belakang. Ketika tidak digunakan, tandu ini bisa menjadi tempat duduk tambahan di dalam ambulans.

Extra Ready for Emergency

 

Short Description


Emergency conditions do happen. A quick and responsive first aid may determine the life and death of the victims. In a mass traffic accident situation, emergency evacuations of victims with spine and neck trauma require careful handling with stretchers.

LSB stretcher provides extra capacity for the ambulance to properly handle two emergency patients at once as and when situation demand. Its ergonomic design helps the paramedics to put the second patients into the ambulance with care. When not in use, the stretcher can be used as an extra seat.


Perspektif

Keadaan darurat tidak bisa diramalkan. Mempersiapkan diri menghadapi keadaan terburuk adalah kebijakan yang bijak; karena kesiapan seringkali berarti hidup atau mati.

Keunggulan Inovasi:

  • Menambah kapasitas angkut ambulans untuk mengevakuasi penderita trauma tulang belakang dan leher lebih dari seorang jika diperlukan

  • Dapat dilipat menjadi tempat duduk tambahan jika tidak dipakai
  • Mempercepat proses evakuasi dalam situasi darurat
  • Dirancang secara ergonomis untuk menempatkan penderita trauma dengan aman di dalam ambulans.


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas ambulans mengangkut penderita trauma tulang belakang dan leher, yang sering terjadi dalam kecelakaan massal lalu lintas. Bisa dikembangkan lebih lanjut untuk penempatannya di kendaraan bukan ambulans, untuk keadaan darurat.


Innovator:

Tim Inovasi

Bambang Ali Susanto; Sahid Urip; Sayuti Prayogi

Institusi

PT. Jasa Marga (Persero) Tbk

Alamat

Plaza Tol TMII Jakarta Timur DKI Jakarta 13550

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi