• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Satpam Air untuk Kolam Ikan

Rancang Bangun Sistem Pengontrolan Jarak Jauh untuk Mengukur Kualitas Air di Kolam Budidaya Ikan berbasis GSM/GPRS

Deskripsi Singkat


Kualitas air menjadi salah satu hal penting dalam budidaya perikanan. Kontrol terhadap air sangat diperlukan guna memastikan sumber air yang digunakan baik untuk budidaya akuakultur. Inovasi ini berkaitan dengan teknologi rancang bangun sensor suhu, pH dan DO (Dissolved Oxygen) berbasis GSM/GPRS yang dapat menampilkan ataupun menyimpan data kualitas air secara kontinu, tanpa melakukan pengukuran langsung di kolam budidaya.

Kerja sensor dilakukan secarareal timesehingga bisa dipantau tanpa mengenal batas waktu dan tempat, karena menggunakan internet. Teknologi ini juga dilengkapi dengan alarm, yang akan memberi peringatan jika parameter yang diamati mencapai titik kritis, sehingga bisa dilakukan penanggulangan dengan segera.

Water Security for Fish Ponds

 

Short Description


Maintaining water quality is the most important thing in aquaculture. Sensing water quality such as temperature, pH, and Dissolved Oxygens (DO) in real time and continuously report the results through GSM/GPRS connectivity will help fish farmers manage their ponds. It will also alarm the farmers if critical condition is reached and require immediate response.


Perspektif

Air bagi ikan, seperti udara bagi manusia. Oleh karena itu, kondisi air yang optimal harus senantiasa dipantau untuk menjamin kesehatan dan keselamatan ikan.

Keunggulan Inovasi:

  • Penggunaan alat ini dapat menggantikan peran sensormultiprobe portable
  • Mengurangi beban kerja dalam melakukan pengontrolan
  • Dapat mendeteksi berbagai permasalahan akibat perubahan kualitas air secara cepat, murah dan efisien sehingga akan meningkatkan keuntungan bagi petani ikan.

Potensi Aplikasi:

Teknologi bisa digunakan di berbagai lokasi yang sulit untuk dijangkau dan dilakukan pengukuran kualitas air secara rutin, selama lokasi tersebut bisa terjangkau oleh sinyal GSM/GPRS.


Innovator:

Tim Inovasi

Fahmi Hasan; Peni Pitriani; Frimadi Chandra; Rochiyat; Rosalia Tiara Dhewi; Ir. Dadang Shafrudin, M.Si.

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB, Gedung Rektorat Andi Hakin Nasoetion Lt.5, Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi