• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Saringan Hi-Tech Sengon

Membran Ultrafiltrasi Selulosa Asetat dari Pulp Kayu Sengon

Deskripsi Singkat


Kayu Sengon merpakan salah satu komoditas perdagangan yang sering dimanfaatkan sebagai kayu serbaguna untuk konstruksi ringan atau bahan peti kemas. Mengembangkan proses pembuatan membran ultrafiltrasi selulosa asetat dari pulp kayu sengon mampu memberikan nilai tambah sangat tinggi, karena membran ultrafiltrasi bagi industri masih didomonasi oleh produk impor yang mahal.

Membraan ultrafiltrasi yang dihasilkan bisa digunakan untuk memisahkan padatan terlarut seperti partikel koloid, senyawa dengan berat molekul tinggi seperti polisakarida, warna, atau protein dari larutan dalam proses pemurnian sebuah produk. Pulp kayu sengon dipilih menjadi bahan baku karena karakteristiknya yang cocok dan tersedia melimpah di Indonesia.

Hi-Tech Albizia Filter

 

Short Description


Albizia wood is one of the important trade commodities and is often used as timber for light construction or material for crates. Albizia fiber has the right characteristics to make highvalued cellulose acetat based ultrafiltration membranes for industrial use, that is still predominantly imported.

Albazia wood pulp is abundantly available in Indonesia, thus ensuring sustainable supply of raw materials for the membranes.


Perspektif

Pemakaian kayu sengon sebagai bahan bangunan konstruksi ringan berkualitas ekspor telah menjadi inovasi sukses di masa lalu. Pemakaian kayu sengon sebagai bahan membran ultrafiltrasi berpotensi menjadi Inovasi Sengon-Jilid 2

Keunggulan Inovasi:

  • Penggunaan energi yang relatif kecil
  • Tanpa penggunaan bahan kimia
  • Tidak terjadi perubahan fasa

Potensi Aplikasi:

Membran ultrafiltrasi sengon setidaknya bisa menggantikan membran impor untuk berbagai keperluan industri, bahkan berpotensi kompetitif untuk bersaing secara global.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. Erliza Noor

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset & Kajian Strategis, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt. 5. Kampus IPB Dramaga Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi