• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sarang Laba-Laba Ramah Gempa

Konstruksi Sarang Laba-laba Pondasi Ramah Gempa

Deskripsi Singkat


Konstruksi pondasi bangunan berupa beton bertulang menyerupai sarang laba-laba (KSLL) dan tanah yang dipadatkan adalaha sistem pondasi pertama di dunia yang mampu memaksa tanah berfungsi sebagai struktur.

Telah dikembangkan sejak tahun 1976, pondasi KSSL terbukti berhasil mempertahankan ratusan gedung berlantai 2-4 pada saat gempa 9 SR di Aceh, Sumatera Barat, dan Bengkulu.

Selain ramah gempa, KSLL juga kokoh, ekonomis dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan alat berat dan sedikit memakai kayu hasil hutan.

KSLL adalah solusi bermasalah pada pondasi untuk gedung-gedung bertingkat antara 2-10 lantai, yang berdiri di atas tanah dengan daya dukung rendah, letak tanah keras cukup dalam, dan kompresibilitas tanah tinggi.

Earthquake Friendly Spider Web

 

Short Description


Spider Web Construction (KSLL) is a structural foundation that can withstand earthquake. It was proven to be very effective with most buildings still standing are using it after the earthquake in Aceh, West Sumatera, and Bengkulu.

KSLL is designed to use soil as a foundation structure, this spider web alike construction not only is able to withstand major earthquake, but also solid, cheaper, and save for the environment during construction. It can be used for 2-10 storey bulding.


Perspektif

Sarang laba-laba dibuat pada bidang yang tidak stabil seperti dedaunan yang selalu bergoyang. Mengaplikasikan prinsip alam yang telah terbukti pada pondasi bangunan telah terbukti mampu bertahan pada bencana alam yang sangat destruktif: gempa.

Keunggulan Inovasi:

  • Sistem pondasi yang tahan gempa dan telah terbukti
  • Dapat diplikasikan untuk gedung bertingkat 2-10 lantai
  • Ekonomis dan ramah lingkungan
  • Hemat waktu dalam pengerjaannya

Potensi Aplikasi:

Telah diaplikasikan dalam pembangunan gedung-gedung bertingkat 2-10 lantai, terminal peti kemas. Landasan pesata (apron taxiway, runway) terutama di daerah rawan gempa


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Ryantori dan Ir. Sutjipto

Institusi

PT. Katama Suryabumi

Alamat

Gedung SENTRA PEMUDA No. 38 Jl. Pemuda Raya Kav.61, 13220

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi