• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sangrai Kopi Berteknologi

Inovasi Mesin Sangrai Kopi Model Fluidisasi

Deskripsi Singkat


PENDAHULUAN
Kopi merupakan komoditas andalan ekspor Indonesia. Saat ini Indonesia merupakan penghasil kopi terbesar ke empat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolumbia. Masuk dalam penghasil kopi besar, tetapi dalam percaturan industri kopi, kita masih jauh dari singgasana raja kopi. Juga, yang kita ekspor kebanyakan bukan produk akhir, tapi masih berupa green beans atau biji kopi mentah. Dan menurut data tahun 2017 dari ICO, terjadi kecenderungan penurunan harga rata-rata komoditas kopi dunia yaitu sebesar 4-5% khususnya untuk kopi arabika. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, terjadi peningkatan konsumsi kopi di Indonesia. Pada tahun 2016 konsumsi kopi perkapita pertahun mencapai 1,057 kg. Masih tergolong sangat rendah bila dibanding dengan negara-negara penikmat kopi di dunia yaitu Finlandia (11 kg), Norwegia (9,9 kg), Islandia (9 kg), Denmark (8,7 kg), dan Belanda (8,4kg). Walaupun masih terbilang rendah, konsumsi kopi di Indonesia diprediksi akan terus meningkat. Perkiraan ini dilihat dari indikasi kuat peningkatan konsumen lokal kopi. Peningkatan itu terlihat dengan semakin maraknya budaya ngopi di warung kopi atau kafe, baik untuk sekadar keperluan rehat, pertemanan, maupun keperluan relasi bisnis. Itu terjadi tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga kota-kota kecil, tingkat kecamatan, bahkan di desa-desa.
Perkembangan diatas tentunya mendorong perkembangan lainnya, yakni tumbuhnya usaha perkopian, mulai dari pertanian kopi, produk-produk kopi olahan, sampai kafe atau warung kopi dan lain-lain. Yang menarik dari perkembangan itu adalah kesadaran dan sekaligus gairah untuk mencuatkan identitas kopi lokal dengan mutu yang prima. Saat ini, para konsumen semakin bergeser dari sekadar peminum “minuman rasa kopi” menjadi penikmat kopi untuk merasakan sensasi dari tiap-tiap jenis kopi yang dinikmati. Itu artinya, konsumen semakin peduli dengan kualitas kopi premium (specialty). Pelan-pelan, kecenderungan ini akan menggeser peran produk-produk kopi olahan yang tak mengindahkan kualitas kopi. Menggembirakan, tapi sekaligus tantangan. Bukan hanya bagi pengusaha kafe maupun produsen produk kopi olahan, tapi juga (dan terutama) petani kopi. Sebab, untuk menghasilkan secangkir kopi premium atau specialty-grade coffee, dibutuhkan satu rangkaian utuh sejak penanaman kopi, perawatan, panen, pengolahan pascapanen, dan sampai pada keahlian barista. Dan, teknologi pascapanen merupakan salah satu bagian penting dalam rangkaian tersebut. Proses sangrai kopi (roasting coffee) merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian diatas, karena proses ini sangat menentukan citarasa kopi yang akan dinikmati. sehingga dapat dikatakan bahwa tahapan ini merupakan proses yang sangat krusial dibanding semua tahapan pengolahan kopi. Citarasa kopi mampu divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses sangrai ini dilakukan.

PERMASALAHAN
Kendala terbesar untuk menghasilkan produk kopi sangrai dan kopi bubuk dengan mutu prima adalah proses sangrai. Umumnya para petani masih menggunakan wajan atau gerabah untuk menyangrai kopi. Produk kopi sangrai belum bisa memenuhi kebutuhan konsumen, utamanya dalam hal mutu. Selain itu, mesin sangrai yang beredar dipasaran saat ini umumnya masih menggunakan model drum dimana saat proses sangrainya kopi diputar dan diaduk oleh putaran drum yang terdapat blade pengaduk sekaligus pengarah aliran biji kopi sambil dipanasi terus menerus secara langsung maupun tidak langsung, yang dalam prosesnya terdapat kesulitan dalam mengukur suhu kopi sesungguhanya secara akurat, sehingga berakibat pula kesulitan mengontrol suhu kopi secara akurat sehingga untuk menghasilkan kopi sangrai dengan kualitas prima sangat bergantung pada peran dan keahlian seorang roaster yang kompeten.

SOLUSI INOVASI
BPPT (Pusat Teknologi Agroindustri) menghadirkan produk inovasi yaitu mesin sangrai kopi model fluidisasi. Mesin sangrai ini bekerja dengan prinsip mengaduk dan memanasi kopi dengan angin panas bertekanan. Mesin sangrai model ini mempunyai keunggulan-keunggulan yaitu proses kontrol yang akurat, produk kopi sangrai yang seragam dan bersih dari kulit ari, pengoperasian dan perawatan yang mudah. Mesin sangrai ini telah diujicoba dan diterapkan di beberapa daerah sentra kopi untuk menjawab dan mengatasi tantangan dan kendala yang dihadapi petani, kelompok tani, UKM berbasis kopi, hingga pelaku dan penikmat kopi di Indonesia.

DESKRIPSI INOVASI
Mesin sangrai kopi model fluidisasi terdiri dari 6 (enam) bagian yang penting yaitu Ruang sangrai (1) yang sekaligus berfungsi sebagai ruang pendingin (tempering), Siklon (2) sebagai tempat penampungan kulit ari kopi dan komponen lain yang mudah terbang yang lepas dari biji kopi selama sangrai, Kanal saluran udara panas (3) yang berfungsi mengarahkan udara/angin panas masuk dan keluar ruang sangrai, Sentrifugal blower (4) yang berfungsi menghisap udara panas hasil campuran udara dan panas pembakaran tungku gas LPG dan menyalurkan/menekan pada biji kopi dalam ruang sangrai, Tungku/kompor (5) gas LPG yang berfungsi sebagai sumber panas untuk penyangraian kopi, Burner dilengkapi dengan sistem pengaturan api kecil dan api besar yang bertujuan untuk kontrol suhu proses sangrai kopi, serta Panel kontrol proses sangrai kopi.

TAHAPAN INOVASI
Pada tahun 2014 melalui pembiayaan program Insentif SINas RISTEK telah dihasilkan prototype mesin sangrai kopi model fluidisasi kapasitas 500 gram/batch serta desain mesin sangrai model fluidisasi kapasitas 5-10 kg/batch.

Pada tahun 2017 melalui Program Diseminasi Produk Teknologi ke Masyarakat (DPTM) Menristekdikti telah dihasilkan produk inovasi mesin sangrai kapasitas 2 kg/batch dengan teknologi burner generasi terbaru dan telah dimanfaatkan hasilnya oleh kelompok tani Ngudi Rahayu (Dusun Capit, Pagergunung Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung – Jawa Tengah)

Pada tahun 2018 Telah dilakukan penandatangan kerjasama komersialisasi mesin sangrai model fluidisasi dengan PT AsindoTech, Lampung. Selain itu produk inovasi ini telah didaftarkan patennya dengan nomor pendaftaran P00201801489 untuk inovasi yang berjudul “MESIN SANGRAI KOPI MODEL FLUIDISASI”

Technology Added Coffee Roaster

 

Short Description


-


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

Inovasi Mesin Sangrai Kopi Model Fluidisasi ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mesin sangrai pada umumnya, diantaranya adalah :
1. Hasil sangrai yang merata

Proses sangrai kopi dengan metoda fluidisasi memudahkan dalam mengontrol suhu sangrai, hal ini disebabkan karena pengadukan biji kopi dalam ruang sangrai sangat sempurna atau terfluidisasi. Dengan kondisi operasi pengadukan yang cepat, mendorong kondisi proses berjalan secara isothermal dalam keseluruhan ruang sangrai, sehingga pengukuran suhu kopi pada satu titik dapat mewakili pada titik-titik lain pada keseluruhan biji kopi dalam ruang sangrai.
2. Efisiensi Waktu
Proses transfer panas dalam proses sangrai metoda fluidisasi berjalan hampir sebagian besar terjadi secara konveksi dan transfer panas yang cepat, sehingga mendorong proses sangrai berjalan lebih cepat.
3. Biji kopi hasil sangrai yang bersih
Karena dengan prinsip fluidisasi, kulit ari pada biji kopi, pasir, serta kotoran logam akan ikut dalam aliran udara panas sisa dan tertampung pada wadah penampungan (siklon)
4. Aroma Kopi yang Original
Dengan adanya kondisi sangrai yang merata dan terjadi proses pemisahan kulit ari serta kotoran lainnya maka kopi sangrai yang dihasilkan  terhindar dari bau metal, asap, dan bau gosong.
5. Pengoperasian yang mudah (User Friendly)
Mesin sangrai model fluidisasi ini dilengkapi dengan kontrol panel dengan pilihan pengaturan waktu dan temperatur manual dan otomatis sehingga memudahkan para pelaku kopi terutama petani untuk mengoperasikan mesin ini. 
6. Perawatan mesin yang mudah
Melalui mekanisme fluidisasi akan menciptakan proses sangrai yang bersih dimana adanya pemisahan antara produk dan kotorannya sehingga berdampak pada perawatan mesin yang mudah.
7. Dilengkapi pengering dan pendinginan (tempering) otomatis
Dimana sebelum ataupun setelah proses sangrai dilaksanakan, udara panas (untuk proses pengeringan tambahan) ataupun udara dingin (untuk proses pendinginan/tempering) dapat dialirkan menuju ruang sangrai secara otomatis dengan waktu yang bisa diatur sesuai keinginan.

Dengan pengoperasian mesin sangrai yang mudah dapat dilakukan kontrol temperatur dan waktu yang akurat untuk menghasilkan biji kopi sangrai dengan mutu yang prima dan mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional


Potensi Aplikasi:

Manfaat Produk Inovasi
Manfaat mesin sangrai kopi model fluidisasi ini mempermudah pelaku bisnis kopi skala kecil dan menengah serta kelompok tani untuk menyangrai dan menghasilkan kopi sangrai dengan mutu yang prima, karena mesin ini didesain dengan keunggulan-keunggulan yaitu sangat mudah dioperasikan (user friendly), hasil yang seragam untuk setiap pengulangan proses, biji kopi sangrai bersih dari kulit ari, aroma dan rasa kopi sangrai yang baik, proses sangrai cepat sehingga mengurangi penurunan kadar antioksidan, dan bebas perawatan.
Manfaat Tambahan Produk Inovasi
Melalui mekanisme atau metode fluidisasi, memungkinkan produk inovasi ini untuk diaplikasikan pada komoditas selain kopi. Dengan pengaturan aliran udara panas, temperatur, serta desain ruang sangrai yang tepat, mesin sangrai ini dapat diaplikasikan untuk mengeringkan produk hasil perkebunan dan pertanian yang lain seperti kacang tanah, kedelai, lada dan lain sebagainya.

Dampak Sosial dan Ekonomi
Dampak ekonomi dari penerapan mesin sangrai kopi ini adalah kelompok tani serta pelaku bisnis kopi skala kecil dan menengah dapat memproduksi kopi sangrai yang nilai jualnya atau nilai ekonominya jauh lebih tinggi dibandingkan jika mereka hanya memproduksi dan menjual biji kopi mentah. Nilai ekonomi kopi sangrai dua hingga tiga kali lipat lebih besar dari kopi mentah. Selisih harga antara kopi sangrai dan kopi mentah yang didapat kelompok tani pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Petani termotivasi untuk menanam kopi dan merawat kopi dengan baik, memanen kopi hanya yang merah saja, karena semua yang dilakukan sesuai GMP kopi dihargai lebih baik.
Kontribusi Terhadap Sektor lain
Wanginya aroma kopi yang berkualitas tinggi yang dihasilkan kelompok tani merupakan salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke desa penghasil kopi dan sekitarnya, selain daya tarik keindahan alam pegunungan. 
Selain meningkatkan sektor pariwisata, dengan adanya produk sangrai kopi model fluidisasi ini dapat memberikan alternatif baru dalam dunia bisnis kopi sehingga dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional karena kopi sangrai dapat menumbuh kembangkan produk-produk lain yang membutuhkan kreativitas pelaku usaha sebagai contoh kopi jahe, kopi rempah, kopi purwoceng, kopi hijau.
Dikalangan pemuda terdapat pengusaha pemula bergerak dibidang kopi dengan membuat kafe atau warung kopi dengan menyuguhkan kopi specialty, dan banyak sekali ekonomi kreatif yang dihasilkan dari kopi.
Potensi pengembangan inovasi di tingkat industri
Melalui dukungan finansial dan kerjasama industri yang terjalin, mesin sangrai model fluidisasi ini memiliki potensi untuk dikembangkan menuju skala industri besar dengan sistem yang lebih canggih dengan efisiensi yang lebih tinggi pula.


Innovator:

Tim Inovasi

Heryoki Yohanes, Ir. Gigih Atmaji, Suhendar

Institusi

BPPT

Alamat

Jl. Raya Puspiptek Gd 610-612 LAPTIAB, Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi