• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sang Pewangi dari Samudera

Gel Pengharum Ruangan Karaginan Berbahan Alami

Deskripsi Singkat


Gel pengharum ruangan pada umumnya menggunakan bahan sintesis yang dapat membahayakan kesehatan penghirupnya. Selain itu bahan sintesis ini harganya cukup mahal, terutama untuk bahan yang mampu memberikan daya tahan wangi yang cukup lama.

Inovasi gel pengharum ruangan karaginan alami ini larut dalam air, ramah untuk lingkungan dan penghirupnya. Selain itu, residu dari produk ini juga mudah terurai di alam, sehingga memenuhi predikat zero waste. Harganya bersaing dibandingkan dengan produk pewangi ruangan berbahan sintesis yang beredar di pasaran, sekaligus menjadi peluang bisnis menciptakan nilai tambah lokal komoditas rumput laut.

The Oceanic Fragrances

 

Short Description


Currently, air freshener gel in the market uses synthetic compounds that can be harmful to health. Moreover, synthetic chemicals are usually costly, especially those with long lasting effects.

This innovative air freshener gel is made from carrageenan of seaweed. It is water soluble and easily degradable, so it is safer for human and the environment. It can be priced competitively in the market, and at the same time can give significant local value added to seaweed, that currently is sold mostly as raw commodities.


Perspektif

Komoditas rumput laut mulai diolah menjadi karaginan oleh industri kecil dan menengah, dan menciptakan nilai tambah lokal bagi masyarakat. Inovasi mengolah karaginan menjadi barang konsumen akhir, seperti pengharum ruangan ini, berprospek menjadi inovasi lanjutan bernilai tambah lokal yang semakin tinggi lagi.

Keunggulan Inovasi:

  • Pewangi berbahan baku alami yang lebih ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan
  • Harga pewangi ini mampu bersaing dengan produk pewangi yang telah beredar di pasaran
  • Rumput laut Eucheuma cottonii sebagai bahan baku karaginan tersedia berlimpah.


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industri karaginan yang ingin menciptakan nilai tambah baru di sektor hilir, Fast Moving Consumer Goods (FMCG).


Innovator:

Tim Inovasi

Ellya Sinurat; Ellya Sinurat; Prof. Dr. Rosmawaty

Institusi

BB Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Alamat

Jl. K.S. Tubun, Petamburan VI, Jakarta 10260

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi