• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Saklar Cerdas Hemat Energi

GreenSwitch

Deskripsi Singkat


Banyak orang percaya bahwa membiarkan perangkat elektronik dalam keadaanstandby saat tidak digunakan akan membuat perangkat itu menjadi awet. Banyak yang tak sadar bahwa dalam kondisistandbysekalipun, perangkat elektronik tetap menyerap daya listrik. Meskipun dayanya kecil, masastandby umumnya lebih lama ketimbang masa pakai perangkat dan ketika dihitung menjadi berlipat ganda.

Guna menghemat daya listrik, dikembangkan sebuah saklar cerdas yang mampu mendeteksi terjadinya penurunan konsumsi daya listrik secara drastis ketika perangkat dialihkan ke kondisistandby. Ketika kondisi itu terjadi, saklar akan memutus hubungan listrik antara sumber dengan perangkat, sehingga konsumsi dayanya menjadi nol.

Smart Switch for Energy Saving

 

Short Description


Many people believe that keeping electronic device in standby mode will extend its life. They do not realize that even in standy mode, The device consume power. To save power, smart switch is developed.

The smart switch detect significant power drop when a device is put into standby mode, and immediately cut the power off from the source to the device.


Perspektif

Kemudahan gaya hidup modern terkadang membuat kita lalai menghemat energi dengan mematikan alat secara manual. Diperlukan inovasi cerdas untuk mengingatkan kita, kemudian secara otomatis melakukan hal itu.

Keunggulan Inovasi:

  • Dilengkapi dengan teknologi micro-controller (MCU) yang mampu mengukur energi listrik dengan akurat dan menganalisa penggunaan energi listrik
  • Secara otomatis dapat memutuskan listrik antara sumber listrik dengan perangkat elektronik yang berada dalam kondisistandby
  • Harga Terjangkau

Potensi Aplikasi:

Selain mampu menghemat dan mengurangi beban tagihan listrik, teknologi saklar cerdas ini juga dapat menekan PLN untuk menekan tuntutan kebutuhan daya listrik nasional.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. St. Andika Sutedjo

Institusi

Pribadi

Alamat

Jl. Kamal Muara IX No. 27 Jakarta 14470

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi