• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Sahabat Karib Penangkap Debu

Pemanfaatan Gliserol Hasil Samping Industri Biodiesel sebagai Komponen Coal Dust Suppressant

Deskripsi Singkat


Di industri biodiesel, gliserol sebagai produk sampingan, berlimpah jumlahnya dan bahkan kini mulai menjadi ancaman limbah di masa yang akan datang. Di industri yang berbeda, debu batubara dan semen telah menjadi permasalahan kesehatan dan lingkungan yang serius. Pencemarannya dapat dicegah oleh Coal Dust Suppressant (CDS).

Penambahan gliserol pada formula CDS ternyata dapat meningkatkan kinerja formula menjadi semakin baik, ditunjukan dari semakin rendahnya nilai Evaporation Rate (ER) dan Dustiness Index (DI). Pemanfaatan gliserol sebagai komponen CDS dapat meningkatkan nilai ekonomi gliserol, sekaligus, terbukti meningkatkan kinerja CDS dalam menanggulangi pencemaran lingkungan di industri batubara dan semen.

Dust Catcher's Sidekick

 

Short Description


Biodiesel industrys byproduct, glycerol, is now available in large quantity and will soon become an environmental threat. The coal and cement industries also produces serious environmental problem due to their dusts. Though this pollution can be prevented using the Coal Dust Suppressant (CDS).

Addition of glycerol to CDS has been proven to increase CDS performance. Therefore, this innovation helps to increase value in both sector of industries, help reducing pollutions in one, while increasing value of by-products for the other.


Perspektif

Inovasi besar terjadi kalau dua atau lebih masalah berhasil dihubungkan dengan bantuan ilmu dan teknologi. Penanggulangan masalah lingkungan di industri batubara dan semen diperbaiki; dan pada saat yang sama gliserol, produk sampingan di industri biodiesel, diserap dan lebih dihargai.

Keunggulan Inovasi:

  • Menghasilkan formula CDS yang lebih efektif dengan bahan baku terbarukan yaitu gliserol dari industri biodiesel

  • CDS formula dengan gliserol memiliki kinerja yang lebih baik dari CDS komersial yang ada di pasaran

  • Bisa membantu meningkatkan nilai jual gliserol sebagai produk sampingan industri biodiesel yang harganya melorot terus.


Potensi Aplikasi:

Formula ini berpotensi diaplikasikan pada berbagai industri yang menghasilkan pencemar udara seperti di industri batubara dan semen; sekaligus sebagai alternatif pemanfaatan gliserol dari industri biodiesel.


Innovator:

Tim Inovasi

Anas Bunyamin; Erliza Hambali; Ani Suryani; Herry Suhirman

Institusi

SBRC - LPPM IPB dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Alamat

(diwakili) Kantor Dir. Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi