• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Rumput Laut Nyaman di Perut

Fukoidan Sebagai Obat Anti Tukak Lambung

Deskripsi Singkat


Fukoidan adalah senyawa karbohidrat yang mengandung fukosa dan sulfat yang terkandung di dalam rumput laut cokelat (Sargassum crassifolium). Sebagian besar rumput laut cokelat Indonesia saat ini di ekspor dalam bentuk kering, dan belum diketahui pemanfaatannya sebagai bahan baku farmasi di Indonesia.

Fukoidan terbukti memiliki bioaktivitas sebagai anti tukak lambung dan anti koagulan. Hasil penelitian hispatologis pada mencit menunjukkan, pemberian fukoidan (crude) dengan konsentrasi 100 ppm dapat mencegah tukak lambung yang dipicu dengan pemberian aspirin 500 ppm pada mencit. Fukoidan juga dapat digunakan sebagai bahan supplemen makanan kesehatan, sehingga konsumsi fukoidan bukan hanya untuk obat pengidap penyakit tukak lambung, tetapi juga sebagai makanan sehat bagi pengidap penyakit tersebut.

Seaweed for Belly

 

Short Description


Fucoidan is a carbohydrate compound containing fukosa and sulfate in brown seaweed (Sargassum crassifolium). Most of Indonesian brown seaweed is currently exported in raw form.

Fucoidan is proven to have beneficial biological activities as anti-ulcer as well as anti-coagulant. Hispatological test shows that 100 ppm of raw fucoidan application on laboratory mice can effectively prevent ulcers induced by 500 ppm of aspirin. Fucoidan can also be used as food supplements for people with ulcers.


Perspektif

Rumput laut coklat yang kaya akan fukoidan adalah jenis rumput laut yang tumbuh subur justru pada terumbu karang yang rusak/mati. Dengan inovasi ternyata kita masih bisa memperoleh manfaat besar, bahkan dari situasi yang sepertinya tanpa harapan.

Keunggulan Inovasi:

  • Fukoidan mudah diperoleh dengan cara ekstraksi sederhana
  • Rumput laut cokelat tersedia melimpah, mudah dibudidayakan dan masa panennya cepat.
  • Selain sebagai obat tukak lambung, fukoidan dapat digunakan sebagai suplemen makanan pencegah tukak lambung
  • Bisa menjadikan Indonesia sebagai pemasok flukoidan dunia, karena Indonesia adalah pengekspor rumput laut terbesar di dunia.


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini masih dikembangkan dalam skala laboratorium, namun jika berhasil, berpotensi mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan baku obat yang diimpor, khususnya anti tukak lambung. Bahkan bisa menjadikan Indonesia sebagai pemasok flukoidan dunia.


Innovator:

Tim Inovasi

Ellya Sinurat, M.Si; Prof. Dr. Rosmawaty P.

Institusi

BB Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Alamat

Jl. KS Tubun, Petamburan VI, Slipi, Jakarta 20160

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi