• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Rumah Portabel Siap Huni

Rumah "Knock-down" pasca bencana - Branding Your Business with Humanity

Deskripsi Singkat


Bencana alam sering terjadi di Indonesia membawa akibat berbagai kerusakan, seperti bangunan tempat tinggal. Rekonstruksi rumah pasca bencana menjadi sangat diperlukan karena kondisi jiwa dan kesehatan korban yang labil perlu naungan untuk dapat bertahan hidup. Pengungsi biasanya menunggu proses pembangunan rumah permanen yang cukup lama, disinilah peran rumah "knock-down" ini menjadi solusi tepat dan cepat.

Rumah pasca bencana dengan sistem knock-down ini dapat bertahan lama, kuat, dan nyaman juga dapat dibongkar-pasang. Rumah ini dapat digunakan berulang kali, sehingga setiap datang bencana pengadaan rumah bagi pengungsi telah siap tersedia dan dapat didatangkan dengan segera, sebagai upaya preventif dalam penanggulangan bencana.

Instant Portable House

 

Short Description


Natural disaster are common in Indonesia resulting various damages, such as residential building. Post-disaster housing reconstruction is becoming indispensable for survival and to maintain the life and health condition of the refugee. The reusable temporary "knock-down" house is a good solution for shelter until refugees's permanent house are restored. This knock down is reusable, for another post-disaster restoration project in future.


Perspektif

Pengembangan rumah sementara pasca bencana yang jauh lebih sehat dan nyaman, juga praktis dan mudah dalam penyiapannya, selain lebih nyaman juga membantu mengurangi trauma psikologis bagi korban bencana, karena berkurangnya situasi kedaruratan

Keunggulan Inovasi:

  • Dengan konsep "Branding Your Business with Humanity" memberikan wahana bersinerginya bisnis dan kepedulian sosial, sehingga dapat mengakomodasi konsep CSR.
  • Sistem "knock-down" bisa diurai dan dirakit kembali sehingga memungkinkan ini sebagai aset donatur yang bisa dipasang cepat dan berulang
  • Sewaktu-waktu terjadi bencana dapat dikirimkan dengan secepatnya dalam volume yang banyak
  • Tahan lama dan mudah dalam perbaikan komponen

Potensi Aplikasi:

Daerah yang rawan bencana, daerah pasca bencana, Pemerintah Daerah. Selain untuk rumah, dimungkinkan juga untuk pembangunan sekolah, puskesmas, atau rumah peribadatan.


Innovator:

Tim Inovasi

Permana, S.T, M.T.; M. Ridwan Dobson

Institusi

Prodi Arsitektur ITB dan PT. Alami Media Kreasi

Alamat

Jl. Ganesha No. 10 Bandung / Jl. Cipaku Indah XI No. 16 Bandung

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi