• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Robot Serba Guna

Robot yang Lengannya dapat Dipertukarkan dan Sistem Pengendali Robot tersebut

Deskripsi Singkat


Robot merupakan salah satu invensi yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dalam perkembangannya, robot difungsikan untuk membantu di bidang pertahanan keamanan (HANKAM). Inovasi robot multifungsi ini lengannya dapat ditukar sesuai dengan kebutuhan,dapat menggunakan lengan kartesian (bertahan) maupun lengan weaponized (menyerang). Dilengkapi dengan sensor visual, robot ini dapat mengidentifikasi dan merespon target baik dengan ataupun tanpa intervensi dari operator.

Inovasi ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan(stakeholders); diciptakan oleh peneliti lokal (akademisi), mengurangi ketergantungan akan produk impor (pemerintah), serta mendukung industri dalam negeri (bisnis).

Multi-Tasking Robot

 

Short Description


The innovation is a multi-functional robot which has interchangeablearm. The one can have a defensive function and the other is an offensiveability. Equipped with visual sensors, it can identify and respond to thetargeted object with or without the operator intervention.


Perspektif

Inovasi besar adalah mereka yang mampu memenuhi harapan, kepentingan dan potensi "stakeholders" utamanya: ilmuwan / akademisi, pelaku bisnis, dan pemerintah.

Keunggulan Inovasi:

  • Robot dapat difungsikan sesuai dengan kebutuhan HANKAM, baik untukbertahan (defensive) maupun menyerang (offensive)
  • Robot dapat berfungsi otomatis tanpa ada intervensi dari operator

Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Hendri Maja Saputra, M.T; Midrim Mirdanies, M.T; Arif Santoso, S.T; Aditya Sukma Nugraha, M.T; Rizqi Andry Ardiansyah, S.ST; Vita Susanti, S.Kom; Tinton Dwi Atmaja, M.T; Prof. Dr. Eng. Estiko Rijanto; Dr. Eng. Budi Prawara; Roni Permana Saputra, S.T

Institusi

Puslit Telimek LIPI

Alamat

Kompleks LIPI Gd. 20 Lt. 4 Jl. Cisitu No.21/154D, Bandung Jawa Barat 40135

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi