• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pupuk Beraroma Buah

Komersialisasi Produk Inovatif Kompos Cair Organik Beraroma Buah "Fruity Ferts"

Deskripsi Singkat


Penggunaan pupuk organik terus meningkat, tidak hanya oleh para petani tetapi juga oleh para pecinta tanaman hias. Bau tidak sedap yang dihasilkan oleh pupuk organik menjadi kendala tersendiri khususnya bagi pecinta tanaman hias non-petani.

Fruity Ferts adalah pupuk organik cair beraroma buah, yang dibuat dari limbah buah afkir sebagai bahan baku utamanya. Selain manfaatnya sebagai pupuk organik alami, Fruity Ferts beraroma buah sehingga terkesan bersih, higienis, dan"berkelas"; karena tidak berbau busuk seperti pupuk organik pada umumnya.

Fruity Ferts

 

Short Description


Organic fertilizer with the smell of fruit. The fruity ferts can be a solution for plant hobbyists who do not like the rotten smell of conventional organic fertilizer. The fruity aroma, aside to enhancing the natural image, will also perceived as hygienic and clen, thus premium product.


Perspektif

Kata pupuk selain diartikan sebagai pertumbuhan, tapi juga dipersepsikan sebagai sesuatu yang berbau, kotor dan rendahan. Menyajikan pupuk dengan kemasan dan bau yang menyenangkan; selain menjaga manfaatnya, juga memecahkan masalah persepsi para penggunanya.

Keunggulan Inovasi:

  • Merupakan produk organik yang ramah lingkungan.
  • Memanfaatkan limbah buah-buahan yang murah dan melimpah.
  • Aroma buah yang terkesan besih, higienis, dan "berkelas"; karena tidak berbau busuk seperti pupuk organik pada umumnya.

Potensi Aplikasi:

Produk inovatif ini diposisikan bagi para pecinta tanaman hias yang memerlukan pupuk organik tapi tidak suka pada penyajian dan baunya. Bisa dikembangkan untuk melayani para petani tanaman hortikultura jika produksinya telah mencapai skala keekonomian, sehingga harganya dapat bersaing dengan pupuk organik yang ada di pasar.


Innovator:

Tim Inovasi

Muhammad Syifa; Ramiza Dewaranie Lauda; Irvan Nova Sagita; Nabilah Aisyah; Vini Virdiana Mulideas; Dr. Hartrisari H Hardjomidjojo

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt.5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi