• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Protease dari Limbah Tahu

Protease Rekombinan dari Bacillus Pumilus Lokal

Deskripsi Singkat


Enzim protease banyak digunakan dalam industri kosmetik, pangan, hingga penyamakan kulit. Penelitian membuktikan bahwa mikroba penghasil enzim protease dapat diisolasi dari limbah cair tahu.

Produksi protease dari bakteri klon dapat dilakukan dengan menggunakan media limbah cair tahu dengan penambahan susu krim dan garam kalsium atau bahan sintetik lainnya.

Enzim yang dihasilkan kemudian dikeringkan hingga dihasilkan preparat kering enzim dengan performa lebih baik dibandingkan protease asal.

Beberapa keunggulan protease yang dihasilkan adalah bekerja baik pada pH 6 - 9, suhu 50-60°C, tahan garam tinggi, dan tahan pelarut Dimetyl Formamida.

Protease dari Limbah Tahu

 

Short Description


Protease enzyme is commonly used in various industries, such as cosmetic industries, food industries, and leather processing.

The microbes that produce the protease enzyme can be isolated, using tofu waste as the culture media.

The media is supplemented with cream milk, calcium salt, and other synthetic materials. The enzyme produced in this media is proven to have better performance than the original protease.


Perspektif

Penggunaan media baru yaitu limbah dengan suplemen bahan alami lainnya, sebagai media bakteri untuk pengembangan bahan baku (enzim) yang ternyata memiliki sifat lebih baik dari asalnya.

Keunggulan Inovasi:

  • Memanfaatkan limbah tahu yang tidak memiliki nilai ekonomis sehingga biaya produksi lebih murah
  • Enzim protease yang dihasilkan performa yang lebih baik dibandingkan protease asal, antara lain bekerja baik pada pH 6 - 9, suhu 50-60°C, tahan garam tinggi, dan tahan pelarut Dimetyl Formamida

Potensi Aplikasi:

Dapat dikembangkan untuk penyediaan enzim protease yang dibutuhkan berbagai industri, seperti industri kosmetik, pangan, hingga penyamakan kulit.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Maggy T. Suhartono

Institusi

IPB

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis, Ged. Rektorat IPS Lt. 5, Kampus IPS Darmaga Bogor, 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi