• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pohon Evolusi dan Silsilah Budaya

Pohon Filomemetika Diversitas Artefak Budaya Indonesia

Deskripsi Singkat


Setiap kebudayaan memiliki asal-usul dan bila diteliti lebih lanjut memiliki silsilahnya masing-masing. Silsilah budaya yang menunjukkan hubungan kekerabatan antara satu budaya dengan budaya lainnya dan penting bagi pemahaman akan suatu bangsa.

Inovasi ini menawarkan pohon filomemetik, sebuah taksonomi hierarkis yang merepresentasikan hubungan kekerabatan antar budaya melalui artefaknya. Pohon ini dikonstruksi dengan melihat konfigurasi meme(satuan informasi terkecil budaya, menyerupai kode genetika sebagai informasi terkecil kehidupan) di dalam artefak budaya.

Pohon filomemetikadisusun dari tabel kumpulan meme-memeyang merefleksikan fitur-fitur artefak-artefak yang diobservasi, di mana di dalamnya terdapat informasi tentang matriks jarak antar artefak.

Evolutionary Tree and Cultural Genealogy

 

Short Description


Filomemetic tree is a taxonomic hierarchy representing the relationship between one culture to another based on their artefacts.

Information on an artefact is broken down into the smallest pieces called meme (analogous to gene in genetics) and several artefacts memetics code are re-constructed into a table or matrix represented as tree; showing the origins and relationships among them.


Perspektif

Keinginan untuk mengetahui asal-usul, mencoba merekonstruksi sejarah evolusi dan hubungan evolusioner antara keturunan dan nenek moyang dari manusia dan budaya dengan berdasarkan pada kesamaan karakter-karakter tertentu sebagai pembanding.

Keunggulan Inovasi:

  • Visualisasi grafik sederhana dan menarik untuk menunjukkan keanekaragaman budaya
  • Memberi dorongan atas kajian interdisiplin antara sains alam dan sains sosial, khususnya budaya dalam payung humaniora

Potensi Aplikasi:

Ilmu memetika digunakan untuk pemetaan budaya Indonesia dalam satu lanskap proksimitas antar budaya melalui artefaknya dan untuk digunakan pada telaah etno-klastering.


Innovator:

Tim Inovasi

Deni Khanafiah; Hokky Situngkir

Institusi

Bandung Fe Institute

Alamat

Jl. Sarimadu 99, Sarijadi Blok 25, Bandung 40164

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi