• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Plastik, Dari dan Kembali Menjadi Minyak

Daur Ulang Limbah/Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar Minyak (BBM)

Deskripsi Singkat


Umumnya plastik berasal dari produk turunan minyak bumi dan memiliki struktur rantai karbon yang panjang. Plastik ini menjadi masalah utama limbah dunia, karena membutuhkan waktu yang sangat lama agar terurai secara alami. Diperlukan solusi yang lebih cepat untuk mengubah limbah plastik menjadi sesuatu yang berguna, salah satunya sebagai bahan bakar alternatif.

Pengembangan alat yang dinamakan Distilator, dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar, yang kemudian disebut Minyak Plastik (MIPLAS). MIPLAS bisa digunakan sebagai bahan bakar kompor, tungku atau mesin-mesin bakar sederhana. Proses pembuatan MIPLAS memerlukan pemanasan dengan menggunakan bahan bakar sampah.

Plastic, From and Back into Oil

 

Short Description


Plastic is a global environmental problem, since it is not biodegradable. A quick solution to convert plastic into something else useful is needed, such as for fuel. A Distilator is developed to convert plastic back into fuel. It needs heat which comes from burning up trash. The fuel produced is called MIPLAS (plastic oil) which can be used for stoves and simple engines.


Perspektif

Sampah plastik yang saat ini menjadi sumber bencana yang besar bagi hampir seluruh daerah di Indonesia, ternyata juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menjawab krisis energi di negara kita.

Keunggulan Inovasi:

  • Alat destilator ini mudah dibuat dan bahan bakunya juga mudah didapat
  • Hasil minyak dari destilator ini berupa BBM MIPLAS, dan harganya lebih rendah dari harga BBM umum
  • Dapat menambah pemasukan tambahan bagi daerah, swasta, pribadi yang memanfaatkannya Dapat digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermesin diesel, dan bahan bakar kompor atau sebagai pengganti minyak tanah

Potensi Aplikasi:

Proses distilasi ini dapat dijadikan unit usaha baru, baik perseorangan, kelompok, bahkan nasional. Hasil minyak dari distilasi ini dapat mengurangi ketergantungan pada BBM.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Suparmin Sinuang Raharjo

Institusi

PRIBADI

Alamat

Jl. Merapi Raya Kalibagor Indah Blok.A, No.3 Kec. Kalibogor - Kab. Banyumas

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi