• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pindahkan Demi Kelestarian

Konservasi Ex Situ Era III Species Prospektif

Deskripsi Singkat


S aat ini banyak hutan di Indonesia mengalami kerusakan akibat eksploitasi yang berlebihan, perubahan peruntukan lahan, illegal logging dan kebakaran hutan. Padahal banyak ragam hayati dan hewani Indonesia yang belum kita ketahui fungsi potensinya, terutama untuk zat aktif obat-obatan.

Konservasi ex situ adalah upaya konservasi suatu materi genetik makhluk hidup) jenis prospektif di luar habitat aslinya. Beberapa contoh manfaat yang telah diraih diantaranya adalah meningkatkan produktivitas tanaman dan ditemukannya species penghasil zat bioaktif seperti Calanolid-A (anti virus HIV).

Keterlambatan dalam pelaksanaan dapat mengakibatkan materi genetik tertentu lenyap sehingga konservasi ex situ tidak mungkin lagi dilakukan.

Pindahkan Demi Kelestarian

 

Short Description


Conservation on several prospective genetic materials (living being) outside of their natural habitat (ex situ) is a must. Some already proved to be very fruitful with the discovery of bio-active ingredients Calanolid-A (HIV anti virus) on a species.

With all the destruction on forests due to excessive exploitation, reallocation of land usage, illegal logging and forest fire, we need to act now or they will be lost forever.


Perspektif

Menghentikan perusakan alam belum dapat kita lakukan secara menyeluruh. Kita harus secara aktif melestarikan yang tersisa dengan menentukan dan memindahkan makhluk-makhluk hidup yang mempunyai potensi prospektif ke habitat yang terlindungi.

Keunggulan Inovasi:

  • Meningkatkan standing stock hutan humida tropis Indonesia
  • Efisiensi penggunaan lahan
  • Peningkatan penghasilan
  • Dan memungkinkan fungsi hutan lainnya

Potensi Aplikasi:

Pengguna utama adalah breeder dan ahli bioteknologi baik yang ada di lembaga penelitian, universitas maupun di perusahaan. Sedangkan pengguna akhirnya adalah perusahaan kayu.


Innovator:

Tim Inovasi

Soekotjo; Pamuji Raharjo

Institusi

Fakultas Kehutanan UGM

Alamat

Jl. Agro, Bulaksumur Yogyakarta

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi