• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Permen Berkhasiat

Permen Multivitamin Wolly: Wortel Jelly

Deskripsi Singkat


Vitamin A dan C dibutuhkan untuk kesehatan manusia dan banyak ditemui pada wortel dan jeruk. Menggabungkan keduanya telah banyak dilakukan, terutama dalam bentuk perasan atau juice dan umumnya dijadikan minuman. Sayangnya vitamin A tidak larut dalam air dan vitamin C mudah teroksidasi dan rusak.

Membuat permen jellymultivitamin dengan sari wortel dan diperkaya sari jeruk serta putih telur, secara sederhana bisa menjadi solusi. Di daerah-daerah penghasil wortel, ketika panen, sangat banyak limbah sisa wortel yang tidak terolah dan sia-sia. Proses sederhana pembuatan permen jellyini selain memberikan nilai tambah bagi wortel, menjadi sumber nutrisi vitamin A dan C yang enak dan menarik bentuknya.

Efficacious Candy

 

Short Description


Carrots and citrus are known for their healthy vitamin A and C. Combining both usually produces healthy drinks, though Vit. A is not soluble in water and Vit. C is easily oxidized.

Producing multivitamin jelly candy using carrots, citrus, and eggwhite, through a simple process, can be a solution. In a carrots-producing region, during harvest time, much of the wasted carrots can be processed to produce this highly economical product.


Perspektif

Proses pembuatan yang terbukti dan cukup sederhana bagi masyarakat serta mampu mempertahankan nutrisi vitamin A dan C dari sari makanan, bisa memberikan nilai tambah bagi limbah wortel selain menjanjikan produk yang sehat, enak, dan menarik.

Keunggulan Inovasi:

  • Meningkatkan nilai ekonomi dan daya guna limbah panen wortel
  • Bahan baku sangat mudah diperoleh
  • Proses pembuatannya sederhana
  • Dapat disukai oleh segala kelompok umur
  • Dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat petani wortel dan masyarakat umum

Potensi Aplikasi:

Bagi industri makanan, terutama permen atau jelly atau bagi UKM yang terdekat dengan sentra penghasil wortel dan jeruk di berbagai daerah.


Innovator:

Tim Inovasi

Siswi Astuti; Atikha Prihatin; Eko Marsyahyo

Institusi

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang

Alamat

Jl. Bendungan Sigura-gura No. 2 Malang 65145

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi