• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Perangi Limbah dengan Limbah (1)

Pembuatan Pektin Kulit Pisang yang Dimanfaatkan untuk Penanggulangan Pencemaran Logam Berat Dalam Air

Deskripsi Singkat


Inovasi ini menawarkan pektin dari bahan kulit pisang yang dapat diproduksi pada skala industri rumah tangga.  Pektin dapat menyerap logam berat dalam air, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengolahan limbah industri yang kerap kali bermuatan logam berat. Jel yang terbentuk setelah menyerap logam berat, tidak lagi mengandung logam berat di dalamnya, sehingga jel pektin ini bisa digunakan berulang kali sampai air limbah benar-benar terbebas dari cemaran logam berat. Pektin yang dihasilkan telah mampu menyerap 37,5% logam berat.

Fight Waste with Waste (1)

 

Short Description


This innovation offers pectin from banana peel which can be produced at home industry scale. Pectin can absorb heavy metals in water, so that it can be used for processing industrial liquid wastes that are often loaded with heavy metals. The gel formed after absorbing heavy metals, no longer contains heavy metals in them, so that the pectin gel can be used repeatedly until the waste water is completely free from heavy metal contamination. At the laboratory  scale experiments,  it has been able to absorb 37.5% of heavy metals.


Perspektif

Pengolahan cemaran logam berat yang seringkali dihindari oleh industri karena biayanya, berpeluang mendapat solusi ekonomis dan ramah lingkungan dari olahan kulit pisang.  


Keunggulan Inovasi:

  • Bahan baku dan proses pembuatan pektin yang sederhana dan murah.
  • Produksi pektin bisa dilakukan pada skala industri rumah tangga.
  • Efektifitas pektin sebagai penyerap logam berat telah tercapai sebesar 37,5%, dan masih dapat ditingkatkan. 
  • Jel yang terbentuk setelah menyerap logam berat tidak lagi mengandung logam berat di dalamnya, sehingga jel bisa digunakan berulang kali. 

Potensi Aplikasi:

Pektin kulit pisang ini dapat dikembangkan untuk penanganan limbah industri khususnya yang mengandung logam berat,   sekalipun efektifitas penyerapannya saat ini masih perlu ditingkatkan. Karena proses pembuatannya yang sederhana dan cepat, produksi pektin dapat dimulai pada industri skala rumah tangga, dan bila diperlukan bisa ditingkatkan ke skala industri. 


Innovator:

Tim Inovasi

Rinda Hedwig

Institusi

Universitas Bina Nusantara

Alamat

Jl. K.H. Syahdan No. 9, Jakarta 11480

Status Paten

Tidak Ingin Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi