• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Penyerap Limbah Kelas Berat (2)

Penyerap Super dari Tanah Liat, Lerak, dan Kulit Durian

Deskripsi Singkat


Inovasi ini mengembangkan adsorben untuk menyerap limbah zat warna dan logam berat industri, dengan bahan-bahan lokal yang tersedia di Indonesia.  Bentonit alami merupakan salah satu adsorben yang unggul dengan harga yang murah. Kulit durian (Durio zibethinus) dengan kandungan selulosa yang tinggi (50 - 60 %) dapat membentuk ikatan kompleks dengan logam berat, sehingga efektif untuk dijadikan sebagai adsorben untuk limbah yang mengandung logam berat. Lerak (Sapindus rarak De Candole) merupakan buah berbiji yang mengandung saponin, dan dapat bertindak sebagai surfaktan alami.  Dengan demikian, saponin-bentonit-biochar dari kulit durian menghasilkan adsorben dari bahan alam yang ramah lingkungan.

Heavyweight Waste Absorbent (2)

 

Short Description


This innovation develops adsorbents to absorb industrial dyes and heavy metals waste, with local materials available in Indonesia. Natural bentonite is one of the superior yet cheap adsorbents. Durian (Durio zibethinus) skin has a high cellulose content (50 - 60%) that its biochar can form complex bonds with heavy metals, making it potentially be used as adsorbent for wastes containing heavy metals. Lerak (Sapindus rarak De Candole) is a seed that contains saponin, and can act as a natural surfactant. Thus, saponin-biochar from durian skin produces adsorbents from natural materials that are environmentally friendly.


Perspektif

Dengan inovasi, pencemaran dari berbagai industri yang berteknologi ternyata dapat ditanggulangi dengan bahan-bahan dan limbah alami. 


Keunggulan Inovasi:

  • Bahan utama yang digunakan adalah bentonit dan biomassa dari limbah pertanian yang murah dan tersedia melimpah. 
  • Proses pembuatan biochar kulit durian menggunakan teknologi ramah lingkungan.
  • Teknik pembuatan saponin bentonite–biochar yang sangat sederhana, mudah untuk dilakukan scale up dari skala laboratorium ke skala industri.
  • Menghasilkan jenis adsorben baru dengan luas permukaan aktif yang besar dan tingkat porositas tinggi.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi untuk menggantikan adsorben seperti zeolit dan karbon aktif yang umumnya digunakan dalam industri pengolahan air/air limbah; namun memiliki kapasitas adsorpsi limbah zat warna dan logam berat yang lebih tinggi.  


Innovator:

Tim Inovasi

Suryadi Ismadji, Felycia Edi Soetaredjo, Ph. D

Institusi

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Alamat

Jl. Kalijudan 37 Surabaya, Jawa Timur 60114

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi