• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Penyedap Alami dari Laut

Bisnis Penyedap Rasa Alami Berbahan Limbah Pindang Ikan Layang (Decapterus ruselli) sebagai Alternatif Monosodium Glutamat

Deskripsi Singkat


Kebutuhan masyarakat pada produk penyedap rasa sangat tinggi, dan penyedap rasa umumnya mengandung monosodium glutamat (MSG) yang masih menyisakan kontroversi akan keamanannya. Inovasi OGLA (Organic Glutamic Acid) dikembangkan sebagai alternatif produk penyedap rasa yang alami karena dibuat dari limbah pindang ikan layang (Decapterus spp.). OGLA menggunakan pewarna dan pengawet alami berupa kunyit, maltodekstrin, gula, bawang merah, bawang putih, bawang bombai dan merica; yang sekaligus bermanfaat sebagai anti-oksidan dan anti-inflamatori. 

Fishy Yet Natural Seasonings

 

Short Description


The market demand for flavor enhancing products are very high, and flavor enhancers is generally based on monosodium glutamate (MSG) which still leaves controversy over its safety for human health. The innovation of OGLA (Organic Glutamic Acid) was developed as an alternative all natural flavoring product, made from the leftovers of fermented seed mackerel fish (Decapterus spp.). OGLA uses natural coloring and preservatives from turmeric, maltodextrin, sugar, onion, garlic, onions and pepper; which is also beneficial as an antioxidant and anti-inflammatory.


Perspektif

Alam telah menyediakan bagi kita berbagai penyedap, yang seringkali kita tinggalkan karena alasan produktivitas dan efisiensi. Sudah saatnya kita kembali ke berkah alam demi keamanan dan kesehatan.  


Keunggulan Inovasi:

  • memiliki kadar protein dan kadar serat tinggi, masing-masing sebesar 12,46% dan 19,79%, yang baik bagi kesehatan.
  • Dibuat dari ekstrak pindang ikan yang telah terstandardisasi bebas formalin dan sepenuhnya alami sehingga aman dikonsumsi. 
  • Mengandung senyawa bioaktif yang diperoleh dari ekstrak kunyit dan rempah-rempah sebagai pewarna dan pengawet alami sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamatori.
  • Dibuat dari limbah pindang ikan layang yang murah dan tersedia melimpah, dibandingkan alternatif penyedap rasa alami yang berbasis kaldu ayam atau ekstrak jamur.

Potensi Aplikasi:

Inovasi OGLA berpotensi dikembangkan menjadi produk penyedap rasa alami, untuk menciptakan nilai tambah dari limbah ikan layang.  Inovasi ini juga membuka lapangan pekerjaan berskala industri rumah tangga, sekaligus menjaga lingkungan tempat pemindangan ikan yang bebas pencemaran limbah ikan.
 


Innovator:

Tim Inovasi

Alfin Bagaswara Pratama, Ipin Orshella Nurwilis Sunarno, Fadhel Muhammad Bolkiah, Faizatus Sholihah

Institusi

Universitas Brawijaya

Alamat

Jalan Kumis Kucing dalam No. 17, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Malang, Jawa Timur

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi