• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pengolah Limbah yang Ramah dan Murah

Teknologi Pengolahan Air Limbah Industri Kecil Pelapisan Logam

Deskripsi Singkat


Industri pelapisan logam menggunakan aneka bahan kimia dalam prosesnya, dan berpotensi menghasilkan limbah yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, karena toksisitasnya yang tinggi. Industri pelapisan logam berskala kecil pada umumnya tidak mampu membiayai pengolah air limbahnya sendiri, oleh karenanya perlu dikembangkan pengolah limbah yang efektif dan terjangkau.

Proses pengolahan diawali dengan memompa air baku kemudian diinjeksi dengan bahan kimia, dan dicampur melalui static mixer. Setelah itu air baku yang teroksidasi dialirkan ke bak koagulasi-flokulasi selama dua jam dan dipompa ke saringan multimedia, saringan karbon aktif, saringan penukar ion, dan dikembalikan ke bak penampungan sebagai air pencucian.

Friendly and Affordable Waste Water Treatment

 

Short Description


The liquid waste from metal coating industries, is highly toxic thus it is necessary to be processed first before being disposed of. The process includes mixing, oxidation, coagulation-flocculation, multimedia filtration, active-carbon filtering, and lastly ion-exchanger filtration.

The system is designed to be flexible, easy to use, low capacity yet low cost and energy efficient, costing only about 50 cents (USD) to process 1,000 liters of effluent water.


Perspektif

Mengolah air limbah beracun sebelum dibuang menjadi keharusan untuk menjaga lingkungan, oleh karena itu kendala biaya pengolahan limbah harus dicarikan jalan keluar, demi anak cucu kita.

Keunggulan Inovasi:

  • Mengolah air limbah sebanyak 20 meter kubik/hari dengan biaya sekitar Rp. 5.000/meter kubik.
  • Sepenuhnya memakai bahan lokal.
  • Daya listrik yang dibutuhkan hanya 350 watt.

Potensi Aplikasi:

Dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan limbah industri kecil pengolahan logam di berbagai kota di Indonesia. Karena pengoperasiannya yang mudah serta desain yang fleksibel, kapasitas olah dapat ditingkatan tanpa mengganggu proses yang berjalan.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Nusa Idaman Said, M.Eng; Drs. Satmoko Yudo, M.Eng; Ir. Wahyu Widayat

Institusi

Pusat Teknologi Lingkungan-BPPT

Alamat

Jl. MH.Thamrin No.8 Jakarta Pusat 10340

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi