• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pengolah Limbah Parah

Teknologi AOPs untuk Menghilangkan Warna Limbah Cair

Deskripsi Singkat


Berbagai teknologi konvensional pengolahan limbah warna dari industri tekstil masih belum memuaskan, selain karena kurang efektif, menghasilkan sludgeyang perlu diolah lagi, juga biaya operasinya yang mahal.

Teknologi AOPs ( Advance Oxidation Process) berpotensi meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengolahan limbah tekstil secara signifikan, khususnya untuk penghilang warna. Hidroksil radikal berinteraksi kuat dengan materi organik dalam air dan menghancurkan materi pembawa bau dan warna. Hidroksil radikal ini bisa dihasilkan dengan mencampurkan Ozon dengan H2O2, Ozon dengan Ultraviolet, atau H2O2 dengan Ultraviolet.

Pada uji coba sampai skala pilot, AOPs telah menunjukkan hasil yang sangat memuaskan: 80% penurunan warna air limbah batik dalam waktu 5 jam, dan 91% pada air limbah percetakan uang dalam waktu 7 jam.

Severe Waste Processor

 

Short Description


Advance Oxidation Process (AOPs) can potentially become a future technology for textile wastewater treatment, especially to neutralize color and odor more effectively and efficiently. It uses Hydroxyl radicals to destroy chemical bonds in organic coloring materials, or substances that cause odor.

In pilot scale trials, AOP is proven to reduce color to 80% for batik wastewater within 5 hours; and 91% for money-printing wastewater within 7 hours.


Perspektif

Indonesia menghadapi masalah limbah tekstil yang serius, yang mengancam kelestarian lingkungan, dan juga prospek ekspor tekstil Indonesia ke Amerika dan Eropa. Berbagai inovasi untuk memecahkan masalah yang selama ini belum terpecahkan harus terus dicari / dikembangkan.

Keunggulan Inovasi:

  • Mampu mendegradasi polutan organik yang tidak terdegradasi dengan proses konvensional
  • Dapat mereduksi zat warna yang tidak bisa diuraikan dengan teknologi lain
  • Tidak menghasilkan sludgeyang harus diolah lagi seperti pada teknologi koagulasi/sedimentasi
  • Tidak memerlukan proses regenerasi atau proses pencucian seperti pada pemakaian absorbentatau membran penyaring

Potensi Aplikasi:

AOPs mengolah air limbah berwarna (misalnya air limbah industri tekstil) sebelum proses pengolahan limbah secara biologis, juga mampu mengolah air limbah dengan polutan yang tidak bisa diuraikan secara biologis.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Rudi Nugroho; Dr. Ikbal; Ir. Nusa Idaman Said, M.Eng; Dr. Arie Herlambang, M.Si

Institusi

PTL-BPPT

Alamat

Gedung BPPT, Jl. MH. Thamrin No. 8 Jakarta 10340

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi