• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pengendali Hama yang Hijau

Insektisida Berbahan Aktif Senyawa Tumbuhan untuk Pengendalian Hama Gudang

Deskripsi Singkat


Hama dan patogen di gudang merupakan salah satu hambatan dalam pemeliharaan atau penjagaan mutu komoditas yang disimpang di dalamnya. Sayangnya, insektisida yang tersedia masih menggunakan bahan kimia yang selain berbahaya terhadap lingkungan juga terhadap produk yang disimpan. Formulasi insektisida tumbuhan ini hadir guna memberikan jalan keluar terhadap permasalahan tersebut.

Insektisida ini menggunakan ekstrak biji Annona glabradan Annona squamasa(keluarga buah srikaya) sebagai bahan aktif untuk mengendalikan populasi serangga Collosabruchusmaupun serangga hama lainnya. Selain membunuh serangga induk, produk ini juga mematikan telurnya.

Green Pest Control

 

Short Description


Pest and pathogen are major problems in preserving comodities in a warehouse. Chemical pesticides are not desired due to potential residues on the commodities and hazard for the environment.

The pesticide uses extract of Annana glabra and Annona squamasa as the active ingredients. It kills Callosobruchus as well as its eggs effectively. The green pesticide is relatively safe for the environment.


Perspektif

Suatu gagasan inovasi pada awalnya bisa terkesan tidak realistis atau tidak ekonomis, namun keunggulan baru yang ditemukan berpotensi menjadi nilai tambah baru yang bernilai tinggi di masa depan.

Keunggulan Inovasi:

  • Bersifat ramah lingkungan karena mudah terdegradasi
  • Aman bagi pengguna
  • Efekti mengatasi hama
  • Menjaga kualitas dan kuantitas produk yang disimpan

Potensi Aplikasi:

Teknologi ramah lingkungan ini sangat berpotensi besar diterapkan di bidang pertanian dan perkebunan baik yang berskala ataupun kecil di semua daerah.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Dadang, M.Sc

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset dan Kajian Strategis, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt.5. Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi