• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pengemulsi dari Limbah Singkong

PRODUKSI XANTHAN GUM SKALA PENGEMBANGAN MENGGUNAKAN LIMBAH PADAT TAPIOKA

Deskripsi Singkat


Xanthan gum merupakan polisakarida ekstra selular yang dihasilkan dari fermentasi dekstrosa oleh bakteri Xanthomonas campestris. Xanthan gum digunakan sebagai stabilizer, pengental, dan pengemulsi, bahkan berperan penting dalam pertambangan minyak bumi. Pembuatan xanthan gum memerlukan sumber karbon, yang umumnya diperoleh dari glukosa dan sukrosa yang harganya relatif mahal. Inovasi ini memanfaatkan limbah padat tapioka yang ketersediaannya melimpah dan murah, sebagai sumber karbon untuk membuat xanthan gum. Hasil uji karakteristik menunjukkan, bahwa produk xanthan gum yang dihasilkan cukup baik dan spektrumnya tidak berbeda dibandingkan dengan produk xanthan gum komersial. 


 

Emulsifier from Cassava Waste

 

Short Description


Xanthan gum is an extra cellular polysaccharide produced from dextrose fermentation by Xanthomonas campestris. Xanthan gum is used as a stabilizer, thickener and emulsifier, and even plays an important role in petroleum mining.  The production of xanthan gum requires a carbon source, which is generally obtained from glucose and sucrose, which are relatively expensive. This innovation utilizes tapioca solid waste which is abundant and inexpensive as a carbon source for making xanthan gum. The characteristic test results showed that the quality of xanthan gum products from tapioca waste is comparable to commercial xanthan gum products.


Perspektif

Pemahaman tentang aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kepekaan pada permasalahan lingkungan sekitar adalah modal dasar berinovasi.   


Keunggulan Inovasi:

  • Inovasi ini memanfaatkan limbah padat tapioka sebagai sumber karbon, yang sering justru menjadi masalah pencemaran lingkungan 
  • Limbah padat tapioka tersedia melimpah, dan harganya murah, dan belum optimal dimanfaatkan.
  • Produk yang dihasilkan berkualitas baik dan spektrumnya tidak berbeda dibandingkan dengan produk xanthan gum komersial. 

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi diaplikasikan untuk memproduksi xanthan gum dengan mutu dan harga yang kompetitif, dengan memanfaatkan sumber karbon dari limbah yang murah.  

 


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Akhmad Endang Zainal Hasan, M.Si Dr. Aton Yulianto, MEng Dr. Aton Yulianto, MEng Siwi Putri Andini

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Jl. Agathis, Kampus IPB Dramaga Bogor

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi