• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pembom Penjinak Api

AKSI DRONE MENGENDALIKAN KEBAKARAN HUTAN DENGAN SENSOR ASAP DAN FIREBALL

Deskripsi Singkat


Drone DB-1 ini adalah drone pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi api (flame sensor) yang digabungkan dengan arduino dan modul GSM. Drone DB-1 yang lain segera disiagakan untuk terbang di area yang terbakar, dengan membawa empat unit Fireball yang dapat dilepaskan satu-persatu di kawasan kebakaran. Alat ini dilengkapi dengan pemantik api listrik untuk menyalakan Fireball di atas sumber api sehingga meledak di atas api yang berkobar sembari melepaskan serbuk pemadam.  Drone DB-1 mampu terbang dalam jelajah 10 km dengan kekuatan baterai selama 30 menit.

Firefighting Bomber

 

Short Description


This DB-1 drone is a flying fire engine equipped with a flame sensor that is combined with Arduino and GSM modules. Another DB-1 drone is then alerted to fly in the burning area, carrying up to four Fireball units which can be released one by one in the burning area. This vehicle is equipped with an electric fuse to ignite the Fireballs above the fire source so that it explodes on a blazing fire while releasing extinguishing powder. DB-1 drones are able to fly in a range of 10 km for 30minutes on battery power.

 

 


 


Perspektif

Pemadaman kebakaran hutan dari udara teruji efektif dan relatif lebih aman bagi para petugas pemadam kebakaran. Inovasi ini membuat pemadaman kebakaran hutan menjadi jauh lebih aman lagi karena dikendalikan dari jarak jauh, dan jauh lebih murah biayanya.  


Keunggulan Inovasi:

  • Mampu merespons pesan SMS jika adanya kebakaran dalam hitungan detik.
  • Dapat disiagakan secara terus menerus selama 24 jam.
  • Dilengkapi dengan electric fuse control sumbu untuk penyalaan Fireball. 
  • Aman bagi para petugas pemadaman. 
  • Biayanya operasi pemadaman kebakaran jauh lebih murah dibandingkan dengan pemakaian pesawat terbang atau helikopter.  

Potensi Aplikasi:

Teknologi E-drone dapat diaplikasikan sebagai solusi untuk penanggulangan kebakaran yang sangat responsif. Karena kemampuan respons yang cepat, inovasi Fireball ini dapat melakukan mitigasi kebakaran saat awal kebakaran hutan sebelum kebakaran meluas. 

 


Innovator:

Tim Inovasi

Sujono, ST

Institusi

CV Mandiri

Alamat

Jl. Pancuran Mas No. 498 Desa Lobener, Indramayu Jawa Barat

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi