• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pembaca Meteran Jarak Jauh

KWH Meter Digital 1 Phase

Deskripsi Singkat


Indonesia akan mengadopsi teknologi Meteran Listrik digital menggantikan elektromekanikal, dan untuk itu dibutuhkan perangkat yang handal untuk pelaksanaannya.

Pengembangan meteran listrik (kWh meter)digitalyang disesuaikan dengan kebutuhan PLN juga menggunakan teknologi radio yang memudahkan proses pencatatan, pemutusan dan penyambungan kembali, dari jarak jauh (remote).

Hal ini sangat dibutuhkan di kota-kota besar dimana kadang petugas meteran tidak memiliki akses untuk membaca meteran secara langsung.

Teknologi lainnya, sepertianti-tampering mechanismyang mampu mendeteksi dan memutus aliran listrik bila meteran listrik dirusak dapat mengurangi resiko pencurian listrik.

Remote Meter Reader

 

Short Description


lndonesia will adopt the new digital electric meter replacing the old electromechanical, with some enhanced features not available in the regular digital electric meters. Incorporating the radio technology, electric meter reading can be done remotely, and also cutting and reestablishing the line.

A feature required in big cities where access to the meter sometimes is not available. Anti-tampering mechanism is also added to prevent electricity theft.


Perspektif

Peningkatan efisiensi dan produktivitas dengan mengembangkan teknologi menjadi tujuan utama semua usaha manusia. Ditambah lagi teknologi tersebut memberikan keleluasaan akses secara 'virtual'.

Keunggulan Inovasi:

  • Penghitungan dan pencatatan data penggunaan listrik dilakukan secara digital sehingga lebih akurat
  • Pengambilan data Energi, Tegangan dan Arus dilakukan dari jarak jauh akan meningkatkan efisiensi proses pengumpulan data
  • Pemutusan dan penyambungan dapat dilakukan dari jarak jauh sehingga dapat mencegah pencurian listrik

Potensi Aplikasi:

Perusahaan listrik di lndonesia dan di negara-negara berkembang lainnya


Innovator:

Tim Inovasi

Judojono Kartidjo; Noviyantoro Sadewo; Aris Sutaryo; Emil Sumirat; Devina; Dwi Handoyo; R. Praja Sunaryana; Denny A. Setiawan; Burhan Razak

Institusi

Pusat Mikroelektronika

Alamat

Gedung PAU Lt.4 Jl.Tamansari No.126, Bandung 40132

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi