• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pejantan Mandul yang Menguntungkan

Pengendalian Vektor Penyakit DBD (Aedes aegypti) dengan Teknik Serangga Mandul (TSM)

Deskripsi Singkat


D emam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit kronis yang penyebarannya belum bisa diatasi secara menyeluruh. Penyakit DBD ditularkan oleh vektor (inang penular) nyamuk Aedes aegypti. Untuk mematangkan telur-telurnya, nyamuk betina akan menghisap darah manusia secara berulang atau berpindah ke manusia lain sampai darah yang dibutuhkannya tercukupi.

Teknik Serangga Mandul (TSM) diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. TSM membuat mandul nyamuk jantan dengan iradiasi menggunakan dosis 65 dan 70 Gy. Nyamuk jantan mandul yang dihasilkan di laboratorium secara periodik akan dilepas ke area. Diharapkan persaingan antara pejantan mandul dan yang normal akan menekan populasi nyamuk sehingga terus berkurang.

Useful Sterile Male

 

Short Description


The female Aedes aegypti mosquito host is responsible for the spread of Dengue Haemorrehagic Fever (DHF). Controlling the number of the hosts is the best way to control the disease.

Sterile Insects Technique is developed to sterilize male mosquitos using radiation. Sterile mosquitos released in the neighborhood competes with the fertile ones, therefore reducing the number of the entire population in the area.


Perspektif

Radiasi memiliki sifat merugikan yang dapat membuat makhluk hidup menjadi steril/tidak subur. Menggunakan sifat merugikan itu untuk mengontrol populasi makhluk hidup yang merugikan, walaupun terdengar tidak manusiawi, ternyata efektif pada serangga hama pengganggu dan nyamuk.

Keunggulan Inovasi:

  • Ramah lingkungan
  • Murah
  • Efektif
  • Menekan jumlah serangga pengganggu yang ditargetkan


Potensi Aplikasi:

Teknik Iradiasi membutuhkan Instalasi Fasilitas Iradiasi (padat modal) dengan kegiatan pelayanan meliputi: Mutasi (pertanian), Pemandulan (umumnya serangga), Pengawetan (pangan, bahan baku, dll.), dan Sterilisasi (alat kesehatan, kemasan obat, dll.)


Innovator:

Tim Inovasi

Drs. Ali Rahayu; DR. Damar Tribuwono; Prof. Dr. Singgih Sutrisno

Institusi

Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi - BATAN

Alamat

Jl. Raya Lb. Bulus 49, Jakarta Selatan

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi