• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pawang Geni

Alat Pemadam Api Sederhana, Ekonomis, Tangguh dan Tepat Guna

Deskripsi Singkat


P ada beberapa kasus kebakaran baik di kota besar ataupun kecil, akses ke air pemadam menjadi masalah. Selain itu, penyiraman air ke lokasi kebakaran yang dilakukan oleh masyarakat mengandalkan ember yang jangkauannya sangat terbatas. Lokasi kebakaran sendiri menjadi masalah bagi akses kendaraan pemadam yang ukurannya besar.

Pawang Geni dibuat berdasarkan kondisi tersebut, berupa alat pemadam kebakaran yang terdiri dari (1) Water Reservoir (drum penampung air) kapasitas isi 200 liter, (2) Pompa air aksi ganda untuk menyedot air dari reservoir kemudian langsung ditekan keluar melalui fire hose (selang air pemadam api) menuju nozzle (ujung semprot). Solusi Pawang Geni diharapkan menjawab masalah penyemprotan air swadaya untuk kebakaran.

Fire Combatant

 

Short Description


In Firefighting, access to water is essential. The conventional way of using water buckets brigade has limitations in reach factor and for some locations access for firefighter vehicle is impossible.

The answer could be a simple firefighting solution named Pawang Geni, which consists of water reservoir with 200 liter capacity and double action water pump to deliver the water through hose and nozzle.


Perspektif

Pemadaman api kebakaran secepat dan sedini mungkin membutuhkan akses ke air pemadaman dan peralatan yang tepat yang selalu siap sedia, tanpa harus menunggu pemadam kebakaran profesional sampai ke lokasi.

Keunggulan Inovasi:

?

  • Memiliki daya semprot air lebih dari 20 m
  • Alatnya cukup kecil dan ramping sehingga dapat memasuki gang-gang kecil dan lorong-lorong kecil
  • Harganya cukup murah serta pengoperasiannya cukup mudah, siapa saja dapat menggunakannya

Potensi Aplikasi:

Alat pemadam api menggunakan air dengan peralatan yang siap untuk memancarkan api ke lokasi kebakaran, menggunakan pompa manual, bisa diaplikasikan di daerah pemukiman padat yang rawan kebakaran. Idealnya setiap wilayah setingkat RT/RW memiliki alat ini.


Innovator:

Tim Inovasi

Sri Utomo

Institusi

Bappeda Kota Surakarta

Alamat

Mijen, Sudiroprajan, Jebres, Solo, Jawa Tengah

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi