• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pantau Kesuburan Perairan

Instrumen Digital Pengukur Warna dan Tingkat Kecerahan Perairan

Deskripsi Singkat


Selama ini pengukuran warna dan kecerahan perairan masih dilakukan dengan teknik konvensional yaitu menggunakan alat yang disebut secchi disk yaitu alat berbentuk piringan yang diberi warna hitam dan putih disetiap kuadran dan kemudian dilengkapi dengan tali yang telah ditandai sebagai penanda jarak atau kedalaman. Pengukuran menggunakan secchi disk konvensional memiliki beberapa kelemahan mendasar yaitu tingkat kesalahan personil yang tinggi (sangat bergantung pada kejelian setiap operator) dan akurasi kedalaman yang dihasilkan sangat bergantung pada banyaknya penanda yang diberikan pada tali. Invensi ini mampu mengukur kecerahan perairan secara digital berdasarkan nilai RGB (Red, Green, Blue) yang dikonversi menjadi kecerahan. Komponen yang digunakan pada alat ini yaitu mikrontroller, yang berfungsi untuk mengatur pembacaan data pada sensor. Sensor yang digunakan yaitu sensor RGB untuk mengukur intensitas warna merah, hijau dan biru di perairan, serta dilengkapi dengan sensor kedalaman sebagai pengganti sistem konvensional pada secchi disk yang menggunakan tali untuk mengukur kedalaman. Data yang diperoleh akan disimpan ke dalam micro SD, data nilai RGB serta kecerahan dapat secara langsung dilihat di LCD (Liquid Crystal Displai) yang terdapat di alat. Invensi ini mampu membantu dan memberikan kemudahan dalam melakukan pengukuran kecerahan dan warna perairan dengan hasil yang lebih akurat dan konsisten.

Monitoring Aquatic Fertility

 

Short Description


-


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

Keunggulan teknologi ini terletak pada obyektivitas hasil pengukuran dimana invensi ini menggunakan sensor elektronik. Teknologi ini juga memberikan hasil yang lebih detail yaitu profil intensitas cahaya dan warna (RGB) terhadap kedalaman. Invensi ini juga cocok digunakan baik diperairan dangkal maupun dalam.


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat diaplikasikan praktis di semua kegiatan perairan baik tambak, sungai, danau dan kegiatan-kegiatan perairan laut seperti karamba, budidaya rumput laut dan bidang oseanografi.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, MSc, Muhammad Iqbal, MSi, Agist Saeful Anggara

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kampus IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi