• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pantau Gerak-Gerik Samudera

Sistem Telemetri Buoy dengan Teknologi GSM

Deskripsi Singkat


Optimasi sistem perikanan di suatu perairan memerlukan kelengkapan data potensi perairan dengan tingkat validasi tinggi, up-to-date, serta komprehensif.

Pemanfaatan potensi perikanan yang optimal memerlukan sistem yang bisa menyediakan data real-time. Secara garis besar instrumen ini mampu mentransmisikan data digital parameter fisika di perairan dan di setiap layerkedalaman laut, antara lain: suhu, arah dan kecepatan angin, kadar Oksigen, konduktivitas air laut, pH, di setiap koordinat lokasi buoy.

Data secara berkala dikirimkan ke serverpenerima di darat dengan menggunakan jaringan telepon GSM yang sudah tersedia, untuk selanjutnya diolah, dianalisis, dan dibuat prediksi mengenai fenomena perairan, untuk selanjutnya digunakan atau dipublikasikan.

Monitoring Oceanic Changes

 

Short Description


It is a challenge to monitor and manage Indonesias vast marine territory and resources. We need an observation system and a prediction system for ocean phenomenas.

This is achieved with a series of buoys in coastal water, equipped with sensors and GSM modem that regularly transmits relevant data to be further processed, analyzed, utilized and publicized.


Perspektif

Laut menyimpan misteri, namun bila diikuti secara terus menerus dapat dipelajari sifat dan perilakunya. Hal ini perlu untuk meningkatkan efisiensi dan optimasi pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia.

Keunggulan Inovasi:

  • Mendukung kegiatan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat pesisir dan nelayan dengan informasi kelautan yang real-time
  • Menggunakan teknologi yang sudah mature dan banyak digunakan
  • Menggunakan bahan dan kemampuan sendiri sehingga biayanya rendah
  • Bisa dimanfaatkan untuk mendukung berbagai kegiatan pengendalian lingkungan dan kegiatan penelitian atau riset pesisir dan kelautan

Potensi Aplikasi:

Teknologi ini dapat diaplikasikan untuk mendukung kegiatan masyarakat di wilayah pesisir yang memerlukan data perairan secara akurat dan real-time. Sarana ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan upaya pengendalian masalah lingkungan hidup dan mendukung penelitian dan riset pesisir dan kelautan.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Indra Jaya; Ayi Rachmat, M.Si.; Muhammad Iqbal, S.Pi.

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Gd. FPIK, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi