• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Panaskan, Encerkan lalu Bakar

Konverter Minyak Nabati untuk Mesin Diesel dengan Menggunakan Minyak Nyamplung Murni sebagai Bahan Bakar Alternatif

Deskripsi Singkat


Pengembangan sumber bahan bakar baru yang bisa diperbaharui akan melihat bahan bakar nabati (BBN) sebagai salah satu solusi. Tanaman Nyamplung ( Calophyllum inophyllum L.) merupakan salah satu opsi selain jarak dan sawit. Tantangan penggunaan minyak nyamplung sebagai pengganti solar pada mesin diesel adalah karena lebih kental sehingga pembakaran tidak optimal.

Guna mensiasati kelemahan ini, sebuah konverter dikembangkan dengan menambah satu tangki BBN, memodifikasi saluran gas buang dan katup bahan bakar. Mesin diesel awalnya menggunakan solar, dan konverter ini memanfaatkan panas gas buang mesin untuk mengencerkan BBN. Setelah viskositas BBN mendekati viskositas solar, maka solarpun diganti minyak nyamplung dengan mengatur katup bahan bakar.

Heated, Thinned them Burn

 

Short Description


Callophyllum can be used as a biofuel source to replace diesel fuel though it is thicker and needs to be thinned by preheating. A converter is developed, which contains a tank with a fuel valve, and a simple modification to preheat the biofuel using the exhaust gas. The diesel engine initially starts using diesel fuel, until the necessary biofuel's viscosity is reached by preheating, after which it takes over.


Perspektif

Dalam pengembangan sumber bahan baku baru, umumnya diperlukan inovasi pada mesin atau peralatan yang menggunakannya. Bila tidak bisa dilakukan, perlu inovasi pada cara penggunaan bahan bakar baru itu sendiri.

Keunggulan Inovasi:

  • Desain sederhana, dan mudah perawatannya
  • Dapat diproduksi lokal dengan biaya relatif murah
  • Dapat digunakan untuk BBN secara umum (minyak nyamplung, kelapa, kelapa sawit, bintaro, dan lain-lain)
  • Aplikasi pada mesin kapal nelayan menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan kecepatan dan akselerasi relatif sama seperti menggunakan solar

Potensi Aplikasi:

Aplikasi pada berbagai merek dan tipe mesin diesel, antara lain mesin genset, mesin traktor tangan, mesin kapal nelayan serta berbagai mesin yang digunakan pada industri pertanian.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Desrial, M.Eng.; Dr. Ir. Y. Aris Purwanto, M.Sc.; Dr. Ir. Ika Amalia Kartika, MT.; Ir. Joko Pitoyo, M.Si.

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt.5, Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi