• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Panas Bumi Pengering

Pemanfaatan Langsung Energi Panas Bumi

Deskripsi Singkat


Kualitas hasil pengeringan secara konvensional sangat bergantung pada musim. Di lokasi yang memiliki sumber panas bumi ( geothermal), panas yang terkandung dalam air panas bumi dapat dimanfaatkan secara langsung untuk pengeringan hasil pertanian dan produk olahannya.

Alat pengering tipe Fin Tube Exchangersederhana ini dirancang untuk mengekstrak panas dari air panas bumi untuk proses pengeringan sehingga dapat digunakan setiap saat dan tidak tergantung musim. Air panas bumi dialirkan dan memanaskan pipa ( tube) secara konveksi dan dipindahkan ke sirip ( fin) secara konduksi kemudian panas dipindahkan ke udara secara konveksi untuk mengeringkan bahan. Dengan demikian kualitas dan higienitas produk dapat dipertahankan.

Geothermal Dryer

 

Short Description


Quality of product from conventional drying is very dependent on the weather. In location which has geothermal resources, heat from geothermal fluid can directly be used for drying process of agriculture products and their derivatives.

A simple design of this Fin Tube Heat Exchanger extracts heat from geothermal fluid to be transferred to dry products without direct contact, thus ensuring high quality and hygienic dried products.


Perspektif

Pemanfaatan langsung (direct uses) energi panas bumi oleh masyarakat masih sangat terbatas dikarenakan teknologinya masih terbatas, pengembangannya sangat menjanjikan ketika kendala-kendala di lapangan dapat diatasi.

Keunggulan Inovasi:

  • Alat mudah dibersihkan dari endapan, portable
  • Alat dapat digunakan setiap saat tanpa tergantung musim
  • Hasil pengeringan lebih higenis, bersih, dan sehat karena tidak terjadi kontak langsung antara produk yang dikeringkan dengan air panas bumi
  • Kualitas pengeringan lebih merata karena temperatur dapat diatur
  • Teknologi sederhana dan tanpa menggunakan bahan bakar fosil

Potensi Aplikasi:

Dapat diaplikasikan di daerah yang memiliki sumber air panas bumi untuk pengeringan beraneka ragam hasil pertanian seperti kopra, cengkeh, padi, kopi, coklat, dan lain-lain, juga produk olahan turunannya seperti emping, rengginang, ikan, dan sebagainya.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Didi Sukaryadi, Dipl. Gthm; Ir. Benny F. Dictus, Dipl. Gthm; Ir. Edi Moh. Suhariadi, Dipl. Gthm; Drs. Rochman Isdiyanto

Institusi

P3TKEBT

Alamat

Jl. Ciledug Raya Kav.109, Cipilir-Kebayoran Lama, Jakarta 12230

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi