• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Pakan Sehat agar Makan Sehat

Sediaan Antikoksidia Berbahan Dasar Herbal untuk Unggas dan Proses Pembuatannya

Deskripsi Singkat


Unggas yang sehat dan bebas parasit tidak selalu sehat bagi manusia yang mengkonsumsinya. Pemberian pakan, suplemen dan obat-obatan unggas bisa meninggalkan residu pada daging unggas yang kemudian dikonsumsi manusia.

Herbalomix adalah suplemen pakan berbahan dasar herbal berupa ekstrak cacing tanah, ekstrak daun mengkudu dan kultur kering bakteri asam laktat yang dibuat dalam bentuk serbuk yang larut dalam air. Produk herbal ini mampu meningkatkan imunitas ternak dalam mencegah infeksi parasit koksidia penyebab berak darah pada unggas, meningkatkan performa unggas, menghasilkan produk pangan hasil ternak (daging dan telur) organik dan sehat serta menekan biaya produksi peternak menjadi ekonomis.

Healthy Feed for Healthy Food

 

Short Description


Herbalomix is a herbal based feed additive, formulated from earthworm extracts, Noni leaf extracts and dried culture of lactic acid bacteria, prepared as water soluble granule form.

It helps improve poultry immune system, able to prevent coccidia parasites infection. As a herbal product, there will not be any residue in poultry meat, not like other chemical based feeds and medicines.


Perspektif

Kesehatan kita tergantung makanan kita, kesehatan makanan kita tergantung pada kesehatan tanaman dan ternak kita, kesehatan mereka tergantung pada pupuk dan pakannya, dan pada ujungnya semua tergantung pada: Apakah pakan ternak kita sehat juga?

Keunggulan Inovasi:

  • Formulasi terbuat dari bahan organik yang aman dan non residual sebagai alternatif pengganti antibiotik dan koksidiostat sintetis
  • Relatif lebih murah bila dibandingkan aditif obat hewan dari bahan sintesis
  • Mampu meningkatkan performa unggas
  • Meningkatkan daya tahan unggas terhadap penyakit yang disebabkan infeksi koksidia.

Potensi Aplikasi:

Penggunaan inovasi ini dapat menggantikan penggunaan antibiotik sintesis pada peternakan unggas sehingga dapat menghasilkan produk hasil ternak (daging, telur) organik dan sehat.


Innovator:

Tim Inovasi

Hardi Julendra, S.Pt, M.Sc; Ema Damayanti, S.Si; Septi Nurhayati, S.Farm; Ahmad Sofyan, S.Pt, M.Sc; M. Faiz Karimy

Institusi

UPT Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia-LIPI

Alamat

Jl. Yogya Wonosari Km. 31, Gading, Playen Kab. Gunungkidul Yogyakarta 55861

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi