• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Otot Komposit Tulang Rami

Engineered Ramie Fibers for Engineering Applications

Deskripsi Singkat


Dalam pembuatan komposit, serat merupakan bagian utama yang digunakan sebagai material penguat. Selain dibuat dengan bahan kimia, serat di beberapa jenis tumbuhan juga dapat digunakan untuk pembuatan biokomposit. Salah satunya adalah penggunaan rami, yang memiliki beberapa keunggulan dibanding serat lain, diantaranya kekuatan tarik yang tinggi, produksi yang besar, dan pertumbuhan pohon yang relatif mudah.

Kekuatan tarik serat rami mencapai diatas 1000 MPa. Material biokomposit mempunyai rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi, tahan korosi, mempunyai sifat peredam suara yang baik, murah dan multifungsi, diantaranya untuk panel peredam suara, eternit dan panel tahan peluru.

Composite Muscle Ramie Skeleton

 

Short Description


A Biocomposite can be made of natural fibers like ramie. Ramie has better mechanical properties if compared to other natural based fibers, comes abundantly in nature and is fast-growing, making ramie an important source of biocomposite materials.

Biocomposite can be applied in structural and non structural products such as automotive interior panel, acoustic walls, helmet, or bulletproof vest.


Perspektif

Dua peribahasa bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh dan patah satu tumbuh seribu bisa dianalogikan pada sifat dan penggunaan serat Ramie untuk kebutuhan material teknis, didukung oleh jumlahnya yang banyak di alam dan dapat tumbuh kembali dengan cepat.

Keunggulan Inovasi:

  • Memiliki kekuatan mekanis relatif paling tinggi
  • Masa panen yang berkaitan dengan rantai produksi relatif paling singkat
  • Mudah tumbuh di daerah kritis dengan perawatan yang memadai
  • Mampu diolah dan diproses menyamai kualitas sutera

Potensi Aplikasi:

Pemanfaatan serat rami untuk aplikasi nonstruktural (panel interior otomotif, dinding akustik, flooring) dan aplikasi struktural (helm, panel pelindung tahan impak seperti panel tahan peluru untuk aplikasi di bidang militer).


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Eko Marsyahyo, ST., MSc

Institusi

Institut Teknologi Nasional Malang

Alamat

Jl. Bend. Sigura-Gura No. 2 Malang

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi