• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Nilai Tambah dari Limbah

SIHEGI (Si Hemat Energi)

Deskripsi Singkat


Lampu SIHEGI (Si Hemat Energi) adalah rancangan lampu darurat yang hemat daya dan murah, karena dibuat dari limbah barang elektronik. Untuk memperoleh kualitas yang baik, lampu SIHEGI dirakit kembali dari berbagai jenis limbah, setelah memilih komponen-komponen yang secara teknis masih berfungsi baik, dan bisa dirangkai menjadi produk yang awet dan penampilannya menarik.  

Inovasi ini berpotensi menjadi wadah kreativitas masyarakat untuk menciptakan kembali nilai tambah dari limbah. Sekalipun sulit diproduksi secara massal, inovasi bisa menciptakan peluang kerja padat karya pada skala industri rumah. Proses seleksi komponen elektronik bekas dari berbagai barang kemudian merangkainya kembali, bisa merangsang keterampilan dan kreativitas dalam desain produk yang tak terbatas.

Added Value from Waste

 

Short Description


This social innovation encourages people to recover value from consumer electronic waste. It starts by collecting the waste, take them apart into its components, sort and select those electronic components that still functioning well. Then, these components are reassembled into useful products, typically SIHEGI, a low energy emergency lights.

Even though it cannot become a mass production activities, this innovation creates a labor intensive yet creative jobs at the home industry level, and it can also foster creativity of people to design new products.

Perspektif

Inovasi juga diperlukan untuk menciptakan nilai tambah sosial. Menciptakan wadah pekerjaan bagi banyak orang; sehingga merasa bermanfaat / berbangga dengan karyanya, juga merupakan inovasi yang perlu digalakkan.

Keunggulan Inovasi:

• Dapat menjadi wahana mendorong industri rumahan yang padat karya, dan kreatif
• Dapat menjadi sarana pendidikan keterampilan elektronika
• Biaya bahan murah, karena sebagian besar (90%) komponen diperoleh dari barang bekas

Potensi Aplikasi:

-

Innovator:

Tim Inovasi

Sugeng Riyadi Widhodho Gatot Purnomo Widodo Dedy Irianto Subiyanto

Institusi

UPP IPTEKIN BAPPEDA Provinsi Jateng

Alamat

Jl. Pemuda No. 127 - 133, Sekayu Semarang 50132, Jawa Tengah

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi