• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Nilai Baru dari Sardin

Omega 3 dari Laut untuk Generasi Emas

Deskripsi Singkat


Sumber omega-3 yang baik banyak ditemukan pada hasil perairan seperti ikan sardin. Hanya saja pemanfaatan ikan sardin di Indonesia sejauh ini terbatas pada industri penepungan dan pengalengan ikan. Hasil samping dari kedua proses tersebut berupa minyak ikan yang tidak termanfaatkan secara optimal.

Minyak ikan dari sardin dapat dijadikan sumber omega-3 potensial jika diproses dan dikembangkan lebih lanjut. Melalui pemurnian dengan proses netralisasi menggunakan kaustik soda dan bleaching menggunakan MFP 3% pada suhu adsorbsi 50°C, dihasilkan minyak ikan sardin murni yang memiliki kandungan EPA 12,74% dan DHA 10,28%.

New Value from Sardines

 

Short Description


Sardine Industries in Indonesia are limited in fishmeal and canning industry. However, the oil byproduct of these industries can be a potential source of omega 3 if processed and developed further. Through purification by neutralizing using caustic soda and bleaching using MFP adsorbent 3% in temperature of 50°C obtained refined sardine oil which contains 12.74% EPA and 10.28% DHA.


Perspektif

Banyak rahasia terpendam dari hasil samping perikanan yang selama ini disia-siakan. Pemanfaatan hasil samping perikanan selain mengangkat nilai tambah juga mengefisiensikan sumberdaya.

Keunggulan Inovasi:

Teknologi proses yang sederhana, mudah dan murah sehingga dapat diadopsi oleh seluruh kalangan industri baik UKM maupun perusahaan
Warna minyak yang dihasilkan jauh lebih menarik serta karakteristik telah sesuai standar
Mengurangi kandungan bahan pengotor yang terkandung dalam minyak


Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Sugeng Heri Suseno, S.Pi, M.Si Dr. Ir. Agoes M. Jacoeb, Dipl-Biol Nadia Fitriana, S.Pi Izdihar Nurnafisah, S.Pi Dian Prima C. Hulu, S.Pi Niswani Seknun

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Gd. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) lt. 3 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680 Jawa Barat

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 3

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi