• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Nelayan Jaman Industri 4.0

SISTEM PEMANTAU ELEKTRONIK KAPAL-KAPAL IKAN TRADISIONAL

Deskripsi Singkat


Inovasi bertujuan mengantarkan nelayan agar tidak tertinggal di era Industri 4.0.  Sistem pemantau dilengkapi dengan mobile apps fishER (fisheries electronic reporting) yang mudah dipasang di kapal. Melalui sistem pemantau ini dapat ditelusuri dan direkam jejak operasi penangkapan ikan, sehingga dari waktu ke waktu nelayan dapat dengan cepat mengefisienkan waktu dan biaya operasionalnya, tanpa setiap kali harus "mencari-cari" ikan lagi.  LIHAT DETAIL 

 

KS OK

Fishermen of Industry 4.0 Era

 

Short Description


This innovation is to help traditional fishermen to survive in the era of Industry 4.0.  This fishER (fisheries electronic reporting) mobile apps can easily be installed in ordinary fishing boat.  This system can record and trace of the fishing operations, such that the fisherman can make the fishing cruise more effiently, without having to look for fish again and again. 

KS OK


Perspektif

Di era global sekarang ini, pekerjaan bukan lagi demi perjuangan dan heroisme. Sudah saatnya slogan tersebut diganti menjadi "efektifitas" dan "daya saing".  


Keunggulan Inovasi:

  • Sistem yang kompak, handal, kedap air, dan dapat dioperasikan dalam waktu yang lama tanpa harus di-charge, serta harga per unit yang sangat kompetitif.
     
  • Data dapat diakses/diunduh via website, serta tersedia aplikasi sistem pelaporan sesuai kebutuhan.

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat diaplikasikan praktis di semua kapal-kapal ikan tradisional yang jumlahnya ratusan ribu itu yang tersebar di seluruh pantai Indonesia dan juga di negara lain. Aplikasi inovasi ini juga dapat menunjang berbagai riset kelautan dan perhubungan laut.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Indra Jaya, Muhammad Iqbal, MSi

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kampus IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat, 16680

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 1


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi