• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Nasi Enak, Lebih Enak, Paling Enak, Selalu Enak

Suplemen Beras: Membuat Nasi Menjadi Pulen, Bergizi, dan Wangi

Deskripsi Singkat


Beras apabila disimpan terlalu lama tanpa sarana penyimpanan yang memadai, kualitasnya akan menurun, sehingga nasi yang dihasilkan menjadi pera dan berbau apek. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menambahkan suplemen beras yang dibuat dalam bentuk bubuk saat menanak nasi.

Suplemen Beras terbuat dari campuran tepung berkadar amilopektin tinggi, zat besi, kalsium, dan aroma pandan ini menghasilkan nasi yang pulen, lebih bergizi, dan beraroma sedap. Suplemen ini menyumbangkan sekitar 40% kebutuhan kalsium dan 100% kebutuhan zat besi per hari. Keseluruhan bahan yang dipakai untuk memformulasikan suplemen beras ini tergolong bahan sederhana dan mudah diperoleh di pasar.

 

Good, Better, Best Rice and Always

 

Short Description


 Nationally, Indonesia has limited granaries to store rice grain, and without proper handling rice quality will naturally deteriorate overtime. Rice becomes off-taste and sometimes off-smell as well.

This innovative rice supplement is not only enriched with calcium and iron, it also improving the taste and quality of cooked rice. All ingredients to produce the supplement are locally available.

 


Perspektif

Meningkatkan standar kualitas kehidupan yaitu makanan pokok nasi bukan berarti harus mahal, dan tidak terjangkau. Dengan inovasi sederhana dan ekonomis, jutaan manusia Indonesia bisa menikmati nasi yang lebih baik, setiap saat.

Keunggulan Inovasi:

  • Membuat nasi pera menjadi pulen dan bergizi
  • Membuat nasi apek menjadi beraroma enak
  • Proses pembuatan suplemen yang sederhana
  • Bahan baku tersedia dengan mudah

Potensi Aplikasi:

Bagi konsumen rumah tangga, maupun bagi industri restoran atau catering (Bulk); untuk memastikan mutu dan konsistensi nasi yang disajikan. Pada level nasional, bisa dimanfaatkan oleh pemerintah, untuk memperbaiki mutu dan konsistensi beras miskin (raskin)


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Agus Sutejo, M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Lt. 5 Ged. Rektorat AHN Kampus IPB Darmaga

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi