• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Napas Lega Kantong Terjaga

Respirometer Berbasis Sensor Serat Optik

Deskripsi Singkat


Respirometer adalah peralatan yang digunakan untuk memantau tingkat pernapasan pasien, yang penting untuk keperluan diagnosis lanjut dan pasca operasi. Respirometer yang ada di pasaran selain harganya mahal, dirasakan kurang nyaman oleh pasien/tenaga medis, dan tidak portable. Inovasi ini mengembangan sistem monitoring pernafasan menggunakan sensor serat optik berstruktur singlemode-multimode-singlemode (SMS). Sensor ini berukuran lebih kecil dari serat optik polimer, portable, murah, dan memiliki rugi daya yang sangat rendah sehingga dapat beroperasi pada jarak yang jauh. Penyempurnaan respirometer berbasis serat optik SMS telah berhasil didemonstrasikan dalam skala laboratorium.

 

Breathe Sigh of Relieve

 

Short Description


Respirometer is used to monitor a patient's breathing rate, which is important for the purposes of further diagnosis and post-surgery care. The respirometers available in the market is relatively expensive, often are felt uncomfortable by patients / medical personnel, and not portable. This innovation develops a respiratory monitoring system by using singlemode-multimode-singlemode (SMS) fiber-optic sensors. This sensor is smaller than polymer optical fiber, portable, inexpensive, and has a very low power loss, so that it can operate over long distances.  The improved SMS fiber optic based respirometer has been successfully demonstrated on a laboratory scale.


Perspektif

Inovasi tidak harus membuat sesuatu seluruhnya baru. Proposal ini membuktikan bahwa inovasi yang signifikan dapat dilakukan dengan memperbaharui salah satu komponen atau bagian dari keseluruhan.   


Keunggulan Inovasi:

• Probe sensor berbasis serat optik yang kecil dan ringan, bebas interferensi gelombang elektromagnetik, dan dapat dilakukan monitoring jarak jauh.
Probe sensor mudah dibuat, hanya membutuhkan dua buah jenis serat optik (singlemode dan multimode) dengan penyambungan standar serat optik.
• Pembuatan sensor biayanya sangat murah sehingga bisa disposable, mengingat sensor pernafasan dapat menularkan penyakit.
• Sistem monitoring dibuat portable berbasis mikroprosesor.


Potensi Aplikasi:

Kebutuhan akan alat respirometer besar dan terus berkembang, sejalan dengan bertambahnya jumlah rumah sakit dan klinik kesehatan di Indonesia, sementara itu pasokan alat ini masih harus diimpor.  Inovasi ini selain mengembangkan produk yang lebih baik, juga berpotensi diproduksi di dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan pada produk impor. 

 


Innovator:

Tim Inovasi

Agus Muhamad Hatta, Prof. Dr. Ir. Sekartedjo, Ir. Apriani Kusumawardhani, M.Sc, Achmadi

Institusi

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Alamat

Kampus ITS, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi